Darajat, Siti (2019) Penerapan model Interactive Lecture Demonstration (ILD) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi momentum dan impuls. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (256kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang harus dimiliki untuk menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan dan perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik yang belajar dengan model ILD dan demonstrasi pada materi momentum dan impuls. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen, dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 1 Kabandungan, sempel yang digunakan terdiri dari dua kelas yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 33 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Lembar Observasi (LO), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dan tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis yang digunakan yaitu perhitungan persentase LO, presentase skor LKPD, N-Gain dan uji t independen samples test. Hasil penelitian menunjukan persentase keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen (ILD) untuk aktivitas guru 81% dan peserta didik 80% dengan kategori baik, sedangkan kelas kontrol (demonstrasi) untuk aktivitas guru 78% dan aktivitas peserta didik 77% dengan kategori baik. Rata-rata N-Gain terdapat peningkatan yaitu pada kelas eksperimen 0,62 dan kelas kontrol 0,55 dengan kategori sedang. Hasil uji t diperoleh t_hitung=2,234 > t_tabel=1,998, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik antara peserta didik yang belajar dengan model ILD dan demonstrasi pada materi momentum dan impuls.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model ILD; model demonstrasi; keterampilan berpikir kritis; momentum dan impuls. |
Subjects: | Physics Physics > Research and Statistical Methods of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Siti Zakiah Darajat |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 03:01 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 03:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24145 |
Actions (login required)
View Item |