Pesan Motivasi dalam Buku La Tahzan Karya ‘Aidh Al-Qarni untuk Materi Bimbingan Koseling Islam (Penelitian terhadap Pemikiran ‘Aidh Al-Qarni dalam Buku La Tahzan)

Fahma Islami, Fahma (1210401027) (2014) Pesan Motivasi dalam Buku La Tahzan Karya ‘Aidh Al-Qarni untuk Materi Bimbingan Koseling Islam (Penelitian terhadap Pemikiran ‘Aidh Al-Qarni dalam Buku La Tahzan). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (704kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)

Abstract

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah, kegagalan, tantangan, atau hal lainnya yang bisa membuatnya jatuh, putus asa, terpuruk, dan kehilangan semangat hidup, sehingga mereka perlu untuk segera bangkit meneruskan kehidupannya. Berkaitan dengan hal tersebut, maka jelas manusia memerlukan bimbingan dalam hidupnya, terlebih lagi bimbingan keagamaan. Bimbingan bukan hanya dapat disampaikan melalui lisan dan tindakan saja, akan tetapi bimbingan dapat disampaikan melalui tulisan. Salah satu bimbingan melalui tulisan terdapat dalam sebuah buku yang di dalamnya terdapat hikmah, uraian kisah tauladan, rujukan ayat-ayat suci Al-Qur’an, kata-kata menggugah yang meningkatkan semangat untuk bangkit dari keterpurukan, yaitu buku yang berjudul “La Tahzan” karya ‘Aidh Al-Qarni. Pesan dari buku ini mengandung imbauan motivasional agar pembaca menjadi pribadi yang memiliki ikatan dengan Allah dengan memegang dua pusaka kehidupan Al-Qur’an dan As-Sunah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur pesan motivasi, kategorisasi pesan motivasi sebagai materi bimbingan konseling Islam, dan penggunaan pesan motivasi sebagai materi bimbingan konseling Islam. Penelitian ini bertolak pada kerangka pemikiran tentang bimbingan konseling Islam, pesan motivasi dalam perspektif bimbingan konseling Islam, dan analisis wacana untuk pesan motivasi dalam bimbingan konseling Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan teknik analisi wacana Teun A. Van Dijk, metode ini menggambarkan wacana dalam tiga dimensi atau bangunan taitu teks, kognisi sosial, dan konteks sosial dalam tiga tingkatan struktur yaitu, struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro. Struktur makro yaitu makna global dari suatu teks yang dapat dipahami dengan melihat topik dari suatu teks. Superstruktur adalah kerangka suatu teks. Struktur mikro adalah makna wacana yang dapat diamati dengan menganalisis kata, kalimat, proposisi, anak kalimat, paraphrase yang dipakai dan sebagainya. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat dijelaskan bahwa pesan motivasi dapat membantu memperbaiki pola hidup manusia yang semula berjalan ke arah kesesatan menuju arah hidup yang benar. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kandungan pesan motivasi dalam buku “La Tahzan” karya ‘Aidh Al-Qarni dapat menjadi salah satu materi bimbingan konseling Islam yang akan menunjang keberhasilan proses pemberian bantuan dalam mengatasi permasalahan. Dengan adanya materi, maka akan mengahasilkan dan menjawab suatu kebutuhan dan ekspektasi proses bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Buku, La Tahzan,‘Aidh Al-Qarni, Bimbingan Koseling Islam
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2016 03:13
Last Modified: 06 Jan 2017 03:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2417

Actions (login required)

View Item View Item