Model layanan sekolah rujukan: Studi deskriptif pengembangan program IMTAQ di SMAN 24 Bandung

Hidayat, Syarif (2017) Model layanan sekolah rujukan: Studi deskriptif pengembangan program IMTAQ di SMAN 24 Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.docx.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari keperihatinan penulis atas berbagai permasalahan pendidikan terutama dalam bidang IMTAQ di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) cukup banyak dan beragam, khususnya di Wilayah Timur Kota Bandung, namun yang menarik penulis untuk melakukan penelitian, yaitu program Sekolah Rujukan yang digulirkan pemerintah sejak tahun 2016 dari Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dilaksanakan oleh SMAN 24 Kota Bandung mampu meningkatkan kualitas program IMTAQ di SMAN 24 Bandung sebagai Sekolah Rujukan dan juga Meningkatkan program IMTAQ SMA lainnya di sekitar SMAN 24 Bandung sebagai Sekolah Imbas, hal ini tentunya dapat mengatasi beberapa permasalahan di atas.SMA-SMA Imbas tersebut mampu meningkatkan kualitas program IMTAQ mereka dengan merujuk pada SMA 24 Bandung sebagai Sekolah Rujukannya.Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Program yang direncanakan SMAN 24 Bandung dalam bidang IMTAQ terhadap sekolah lain sebagai sekolah rujukan; (2) Bagaimana pengembangan program IMTAQ di SMAN 24 Bandung sebagai sekolah rujukan?;dan (3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan program IMTAQ yang diperoleh dari layanan sekolah SMAN 24 Bandung sebagai sekolah rujukan.Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif (metode analitik), yaitu dengan memberika gambaran secara faktual, dan akurat mengenai fakta-fata yang berkaitan dengan kondisi perencanaan sekolah rujukan, pengembangan program pencanaan sekolah rujukan, dan evaluasi pelaksanaan yang diperoleh dari implementasi sekolah rujukan di SMAN 24 Bandung.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Layanan IMTAQ di SMAN 24 Bandung sebagai Sekolah Rujukan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan prosedur,dalam Bidang IMTAQ SMAN 24 Bandung telah melampaui SNP yang ditetapkan pemerintah, begitu juga SMA-SMA di sekitarnya sebagai Sekolah Imbas mampu meningkatkan kualitasnya dengan meujuk pada SMAN 24 Bandung, ini menunjukkan bahwa SMA 24 Bandung telah mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai Sekolah Rujukan di wilayah timur Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model; Layanan; Sekolah Rujukan
Subjects: Systems > Computer Modeling and Simulation
Operations, Archieves, Information Centers > Service to Users
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:37
Last Modified: 19 Jan 2022 02:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24174

Actions (login required)

View Item View Item