Metode Bimbingan Keagamaan Terhadap Anak Usia 7-13 Tahun Melalui Cerita Kitab Akhlaqu Li al-Banin

Helena Fitriani, Helena (1210401036) (2014) Metode Bimbingan Keagamaan Terhadap Anak Usia 7-13 Tahun Melalui Cerita Kitab Akhlaqu Li al-Banin. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpsutaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)

Abstract

Keterangan yang melakukan bimbingan agama terhadap anak diperlukan kerja yang maksimal, salah satunya dengan menerapkan metode yang tepat dan cermat agar anak dapat menjalankan ajaran agama dengan baik sesuai dengan syariat islam. Di sisi lain maksimalnya usaha yang dilakukan pembimbing dihadapkan pada berbagai kendala seperti berpariatifnya anak didik yang ada di YCPM mulai dari usia 7 tahun sampai 13 tahun yang memiliki latar belakang keluarga serta lingkungan yang kurang baik. Hal ini dikarenakan anak kurang terpuji akhlaknya, dan bimbingan ini sangat diperlukan. Melihat apa yang telah diterangkan, maka peneliti merumuskan masalah dengan tujuan (1) Untuk mengetahui cerita yang terdapat dalam kitab Akhlaku Li al-Banin, (2) Untuk mengetahui penerapan metode cerita di Yayasan Citra Pelajar Mandiri melalui kitab Akhlaku Li al-Banin dalam meningkatkan kualitas, dan (3) Untuk mengetahui hasil penerapan metode cerita setelah dilakukannya bimbingan anak usia 7-13 tahun di Yayasan Citra Pelajar Mandiri dengan materi dalam Kitab Akhlaqu Li al-banin dalam meningkatkan kualitas akhlak. Pendidikan agama terlebih penanaman akhlak semenjak usia dini memiliki peran sangat penting dan mendasar sekali. Di sini letak dasar pengetahuan dan pemahaman anak terhadap agamanya sebagai bekal mereka dikemudian hari. Untuk itu orangtua seharusnya mengerti dan memahami hal tersebut. Sehingga mereka berusaha memberikan pendidikan keagamaan baik dengan cara interaksi dengan anaknya seputar pengetahuan agama khususnya akhlak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode desktiptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini ialah mengedit data, klarifikasi data, pembukti-an data-data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita yang terdapat dalam kitab Akhlaku Li al-Banin diantaranya cara beretika kepada orangtua dan guru. Isi yang disampaikan dalam bimbingan ialah cerita-cerita islami tentang akhlak dalam kitab Akhlaku Li al-Banin. Tahapan dalam bimbingan di Yayasan Citra Pelajar Mandiri ialah tahap persiapan dan dan tahap pelaksanaan. Sedangkan hasil dari penerapan metode yang digunakan oleh peneliti bisa dikatakan cukup efektif dilihat dari sisi kognitif, afektif, dan psikomotorik

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cerita Akhlaku Li al-Banin, Metode Akhlak, dan Bimbingan Akhlak
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2016 04:28
Last Modified: 06 Jan 2017 03:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2421

Actions (login required)

View Item View Item