Internalisasi nilai-nilai tasawuf pada mata pelajaran PAI di SMP Islam Serba Bakti Suryalaya Kabupaten Tasikmalaya

Iyan, Sunandar (2019) Internalisasi nilai-nilai tasawuf pada mata pelajaran PAI di SMP Islam Serba Bakti Suryalaya Kabupaten Tasikmalaya. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_dafratpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan ditemukan bahwa akhlak peserta didik merosot seperti ada yang tidak menghormati orangtua, guru, dan sesama. Ada upaya yang dilakukan yaitu dengan proses internalisasi nilai-nilai tasawuf melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) Nilai-nilai tasawuf pada mata pelajaran PAI; 2) Program nilai-nilai tasawuf pada mata pelajaran; 3) Proses internalisasi nilai-nilai tasawuf pada mata pelajaran PAI; 4) Evaluasi nilai-nilai tasawuf pada mata pelajaran PAI ; 5) Bentuk prilaku dari nilai nilai tasawuf pada mata pelajaran PAI; dan 6) Faktor yang mendukung dan menghambat internalisasi nilai nilai tasawuf pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian difokuskan di SMP Islam Serba Bakti Suryalaya Tasikmalaya. Subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Guru, dan siswa. Analisis data dilakukan dengan memilih dan memilah jawaban data-data yang diperoleh kemudian dikumpulkan untuk dianalisis dan diambil kesimpulan. Penelitian ini dapat menemukan bahwa 1) nilai-nilai ilahiyah, insyaniyah dan alamiyah 2) Program nilai-nilai tasawuf yaitu Program pembiasaan nilai-nilai ilahiyah yaitu bersyukur, shalat, berdoa, bertaubat ketika melalukan kesalahan, tadarus, selalu berdzikir di mana pun, memiliki wudhu, dan menjaga diri dari prilaku tercela. Nilai-nilai insyaniyah menghargai teman ketika diskusi, tidak menghina, toleransi, menghargai antar sesama, taat terhadap peraturan, berfikir kritis, disiplin, taat peraturan, tafakur berziarah kubur, dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Pembiasaan nilai-nilai alamiyah yaitu jumat bersih, menjaga lingkungan sekitar, cinta pada lingkungan, tidak menebang pohon. Salain itu juga dengan keteladanan dan penerapan peraturan; 3) Proses internalisasi nilai-nilai tasawuf dilakukan melalui pertama, tahapan pemberian pengetahuan dan pemahaman, Kedua, tahap pembiasaan. Ketiga, tahap transinternalisasi; Keempat, kebutuhan, Kelima, tahap evaluasi; 4) Evaluasi nilai-nilai tasawuf pada mata pelajaran PAI dilakukan dengan observasi dan pegawasan; 5) Bentuk prilaku dari nilai nilai tasawuf pada mata pelajaran PAI yaitu pengejawantahan akan prilaku sehari dan nilai-nilai tasawuf seperti terbiasa nilai ilahiyah yaitu sholat dhuhur, berdoa, tadarus, dan berdzikir setiap pagi, syukur, memiliki wudhu, bertaubat. Nilai insaniyah yaitu sopan, berpakaian muslim dan muslimah, disipilin, sabar, jujur, bersikap rendah hati, dan saling tolong menolong. Nilai alamiyah diwujudkan dengan prilaku menjaga kebersihan; dan 6) Faktor yang mendukung yaitu adanya peran dan kebijakan kepala sekolah, kerjasama dan tata tertib. Faktor penghambat yaitu lingkungan di luar sekolah dan di luar sekolah. Rekomendasinya bahwa internalisasi nilai-nilai tasawuf pada peserta harus bersinergi antara pihak sekolah, keluarga dan masyarakat agar hasilnya maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi; Nilai-Nilai Tasawuf; PAI
Subjects: Islam > Sufi Orders
Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iyan Sunandar
Date Deposited: 24 Sep 2019 09:07
Last Modified: 13 Jan 2022 07:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24287

Actions (login required)

View Item View Item