Pemahaman wartawan tentang bahasa jurnalistik pada judul clickbait: Studi deskriptif pandangan wartawan Detik.com

Sugiharti, Tanti (2019) Pemahaman wartawan tentang bahasa jurnalistik pada judul clickbait: Studi deskriptif pandangan wartawan Detik.com. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini perkembangan media online terjadi begitu cepat, pada tahun 2017 terhitung 966 juta media online yang tersebar di seluruh dunia. Angka tersebut tentu tidaklah kecil, sehingga hal inilah yang menjadi salahsatu alasan munculnya fenomena clickbait. Setiap media bersaing untuk menarik perhatian pembaca, karena tidak dapat dipungkiri bahwa sebuah media online tentu saja membutuhkan pembaca. Salah satunya adalah media online Detik.com merupakan sebuah media nasional yang selalu menyuguhkan informasi hampir setiap detik kepada khalayak. Media Detik hadir untuk memberikan informasi yang beragam, mulai dari berita politik, ekonomi, pendidikan, daerah, hingga berita internasional. Sebagai sebuah media online di tengah ketatnya persaingan media, tidak jarang dalam pemberitannya detik mau tidak mau harus menggunakan strategi clickbait untuk tetap mempertahankan eksistensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah wartawan media online detik.com sudah memahami tentang fenomena judul clickbait serta pemahaman mengenai penggunaan bahasa jurnalistik. Secara lebih rinci, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman wartawan Detik Kota Bandung dalam menerjemahkan kata clickbait, pemahaman wartawan Detik Kota Bandung dalam menafsirkan atau menginterpretasikan bahasa jurnalistik ke dalam penggunaan judul clickbait, dan pemahaman wartawan Detik Kota Bandung dalam mengeksplorasi bahasa jurnalistik ke dalam judul clickbait. Penelitian ini didasarkan pada konsep Pemahaman dari Nana Sudjana. Konsep Pemahaman berdasar pada tiga poin, yaitu bahwa tingkat pemahaman seseorang terbagi menjadi tiga yaitu pemahaman menerjemahkan, pemahaman menginterpretasikan, dan pemahaman mengeksplorasi. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif dan paradigma kontruktivis, yakni melihat realitas sosial sebagai kontruksi sosial yang diciptakan oleh individu dan mengetahui realitas berdasarkan sudut pandang orang yang mengalaminya secara langsung. Hasil peneltian menunjukan bahwa pemahaman seorang wartawan Detik Kota Bandung mengenai fenomena clickbait adalah sama, hanya saja penyampaiannya yang berbeda. Clickbait merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan media dengan cara memainkan kata atau memasukan keyword untuk menarik perhatian pembaca. Saat ini, judul clickbait sudah menjadi kebutuhan pembaca dan google search engine. Ketika sebuah media tidak memakai judul yang sesuai dengan selera google maka media tersebut akan sepi dari pembaca, sehingga mau tidak mau sebuah media memakai strategi clickbait.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Clickbait; Media Online; Detik.com; Pemahaman;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Tanti Tanti Sugiharti
Date Deposited: 25 Sep 2019 01:32
Last Modified: 25 Sep 2019 01:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24311

Actions (login required)

View Item View Item