Pola asuh baby sitter dalam pengasuhan anak: Studi analisis interaksi simbolik baby sitter di desa cilampeni kecamatan katapang kabupaten bandung

Hamid, Sofiyan Abdul (2019) Pola asuh baby sitter dalam pengasuhan anak: Studi analisis interaksi simbolik baby sitter di desa cilampeni kecamatan katapang kabupaten bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Caver.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy

Abstract

Pengasuh anak (baby sitter) adalah tenaga kerja yang berperan sebagai pengganti ibu dan biasanya pengasuh anak (baby sitter) menggantikan peranan ibu yang sibuk bekerja untuk mendidik, mengasuh serta merawat anak. Banyak orangtua yang kuatir dalam menggunakan jasa pengasuh anak (baby sitter), karena anak akan cenderung menjadi lebih akrab dan punya ikatan emosional yang lebih dengan pengasuh anak (baby sitter) daripada dengan ibu kandung selaku orangtua yang melahirkan. Anak tidak hanya membuat satu ikatan, tetapi bisa dekat dengan dua atau tiga orang manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui faktor pendorong baby sitter dalam pengasuhan anak; 2) untuk mengetahui perlakuan yang dilakukan baby sitter terhadap anak asuhnya; dan 3) untuk mengetahui proses penyelesaian masalah yang dilakukan baby sitter dalam pengasuhan anak di Desa Cilampeni, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Interaksi Simbolik Herbert Mead dengan konsep tindakan yang dilakukan seseorang itu ada empat al, yaitu: Impuls (dorongan hati), Persepsi (mencari dan bereaksi), Manipulasi (memproses tindakan), dan Penyelesaian (mengambil tindakan). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggambarkan dan menjelaskan penelitian. Dengan mencatat data, menyajikan data, serta peneliti memverifikasi data yang berkaitan dengan pola asuh baby sitter dalam pengasuhan anak. pengumpulan data berupa studi lapangan, observasi langsung, wawancara mendalam, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian di Desa Cilampeni Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung diperoleh bahwa ada dua dorongan baby sitter dalam pengasuhan anak, yaitu: dorongan individu/hati dan dorongan lingkungan/luar. Dorongan hati baby sitter yang peneliti temukan di lapangan adalah rasa kasih sayang dari baby sitter, rasa simpati baby sitter terhadap orang tua asli dari anak, dan rasa empati baby sitter dan dorongan lingkungan baby sitter yang peneliti temukan adalah: kesehatan, mitologi masyarakat, membantu orang tua anak, mengisi waktu luang, bekerja di rumah dan ekonomi. Reaksi dan proses yang dilakukan baby sitter adalah mengajak anak bermain, makan, belajar, mandi, dan tidur bersama. Proses penyelesaian masalah baby sitter adalah mengajak anak jalan-jalan sambil jajan, baby sitter menyuapi makan anak asuh, baby sitter mengajak anak bermain sambil belajar, baby sitter memberikan penjelasan manfaat mandi bagi kesehatan, dan memberikan informasi kepada orang tua anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: baby sitter; pengasuhan anak; interaksi simbolik;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Sofiyan Abdul Hamid
Date Deposited: 25 Sep 2019 03:13
Last Modified: 25 Sep 2019 03:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24342

Actions (login required)

View Item View Item