Pengaruh current ratio dan perputaran persediaan terhadap Return on Assets (ROA) pada PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk periode 2009-2018

Maqfiroh, Miftaqul (2019) Pengaruh current ratio dan perputaran persediaan terhadap Return on Assets (ROA) pada PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (700kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy

Abstract

Current Ratio dan perputaran persediaan mempunyai hubungan yang erat dengan struktur modal. Perusahaan yang likuid dan memiliki perputaran persediaan yang tinggi biasanya akan dipercaya oleh investor. Adanya penelitian ini berangkat dari permasalahan yaitu ketidaksesuaian antara teori dengan data laporan keuangan perusahaan serta terdapat perbedaan hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Berbagai aktivitas dilakukan agar usaha yang dijalani dapat berkembang lebih baik dan lebih unggul dibandingkan dengan perusahaan lain terutama dengan perusahaan sejenis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen yaitu Current Ratio dan Perputaran persediaan secara parsial dan simultan terhadap Return on Assets (ROA). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang dianalisis berdasarkan data time series. Sumber data yang digunakan berupa data sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa penelitian perpustakaan dan riset internet. Sampel yang digunakan yaitu dari tahun 2009-2018. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, asumsi klasik, regresi linier berganda, analisis korelasi, pengujian hipotesis yang terdiri dari pengujian secara parsial (uji-t), pengujian secara simultan (uji-f), dan koefisien determinasi (R2 ). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa secara parsial Current Ratio berpengaruh negatif signifikan terhadap Return on Assets (ROA) dan Perputaran Persediaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Return on Assets (ROA). Kemudian secara simultan Current Ratio dan perputaran persediaan memberikan pengaruh signifikan terhadap Return on Assets (ROA). Hal ini dilihat dari hasil uji-f diperoleh Fhitung > Ftabel (5,332 > 4,74) dengan nilai signifikansi (0,039 < 0,05) maka Hipotesis diterima. Pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 60,4% yang ditunjukan oleh hasil dari koefisien determinasi (R2) sebesar 0,604. Sedangkan sisanya sebesar 39,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Perputaran Persediaan; Return on Assets (ROA);
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Miftaqul Miftaqul Maqfiroh
Date Deposited: 26 Sep 2019 01:45
Last Modified: 26 Sep 2019 01:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24415

Actions (login required)

View Item View Item