Pengaruh Non Performing Loan (NPL) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap profitabilitas pada PT. Bank Bukopin Tbk tahun 2008-2017

Kamaliah, Mila Ahdiatul (2019) Pengaruh Non Performing Loan (NPL) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap profitabilitas pada PT. Bank Bukopin Tbk tahun 2008-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (675kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi terjadinya fluktuasi profitabilitas (ROA) pada PT Bank Bukopin Tbk sepanjang tahun 2008-2017 dan terdapat fenomena gap yang tidak sesuai dengan teori. Perubahan profitabilitas diperkirakan dipengaruhi oleh Non Performing Loan dan Capital Adequacy Ratio. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Non Performing Loan (NPL) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) secara parsial dan simultan terhadap Profitabilitas (ROA) serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Non Performing Loan dan Capital Adequacy Ratio terhadap profitabilitas (ROA). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif analisis verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder berupa laporan keuangan serta jenis data menurut waktu pengumpulannya yaitu data Time Series. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tehnik uji asusmsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi, dan koefisien determinasi, untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t (parsial) dan uji f (simultan) dengan taraf signifikansi 0,05. Penganalisaan data menggunakan software pengolahan data statistik yaitu IBM SPSS Statistics Version 23. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukan bahwa variabel Non Performing Loan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas (ROA) (Sig. 0,028 < 0,05), dan untuk variabel Capital Adequacy Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA) (Sig. 0,228 > 0,05). Secara Simultan, hasil Uji F menunjukan bahwa semua variabel independen Non Performing Loan dan Capital Adequacy Ratio berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA) (Sig. 0,047 < 0,05). Dengan angka koefisien determinasi yang dihasilkan sebesar 0,583 yang menunjukan bahwa kedua variabel independen berpengaruh sebesar 58,3% terhadap profitabilitas (ROA) sedangkan sisanya 41,7% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Non Performing Loan (NPL); Capital Adequacy Ratio (CAR); Return On Assets (ROA);
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Mila Ahdiatul Kamaliah
Date Deposited: 26 Sep 2019 01:37
Last Modified: 26 Sep 2019 01:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24416

Actions (login required)

View Item View Item