Penerapan Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dengan teknik scaffolding untuk meningkatkan pemahaman matematis dan self esteem

Perdana, Tiara Cahya (2019) Penerapan Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dengan teknik scaffolding untuk meningkatkan pemahaman matematis dan self esteem. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (732kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang ada atau tidaknya peningkatan pemahaman matematis dan self-esteem pada pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dengan teknik Scaffolding dan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Kuasi Eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling, didapat kelas VII-G dan kelas VII-H. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) perbedaan peningkatan pemahaman matematis; (b) perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman matematis berdasarkan tingkat PAM (b) perbedaan peningkatan Self-Esteem; (c) hambatan dan kesulitan siswa terhadap soal soal pemahaman matematis siswa.. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan aplikasi SPSS 16 dan excel 2013, diperoleh: (a) Hasil analisis N-gain ternormalisasi menyatakan bahwa terdapat perbedaan peningkatan pemahaman matematis bagi siswa yang menggunakan pembelajaran (IOC) dengan teknik Scaffolding dan yang menggunakan pembelajaran konvensional; (b) Hasil analisis data posttest menggunakan uji ANOVA dua jalur hasil tidak terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa antara yang menggunakan (IOC) dengan teknik Scaffolding dengan konvensinal berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang dan rendah). (c) Hasil analisis N-gain ternormalisasi menyatakan bahwa terdapat perbedaan peningkatan Self-Esteem bagi siswa yang menggunakan pembelajaran (IOC) dengan teknik Scaffolding dan yang menggunakan pembelajaran konvensional; (d) dari hasil analisis secara deskriptif terhadap hasil jawaban posttest menyatakan bahwa hambatan yang dialami siswa ketika pengerjaan soal adalah kurang memahami materi prasyarat mengetahui bagaimana hambatan dan kesulitan siswa terhadap soal soal kemampuan pemahaman matematis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Inside Outside Circle (IOC); Scaffolding; Pemahaman Matematis; self-esteem;
Subjects: Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Tiara Cahya Perdana
Date Deposited: 30 Sep 2019 03:16
Last Modified: 30 Sep 2019 03:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24420

Actions (login required)

View Item View Item