Resita Noviana, Resita (1210405081) (2014) Pemanfaatan Jejaring Sosial Twitter sebagai Media Komunikasi Pejabat Publik (Analisis Deskriptif Kualitatif Pesan Komunikasi pada Akun Twitter Wali Kota Bandung Ridwan Kamil). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (302kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (654kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
Abstract
Salah satu media sosial yang tumbuh secara cepat adalah jejaring sosial twitter. Selain karena kecepatannya, laiknya media sosial lain, twitter juga mampu menghimpun tanggapan atas informasi yang di update secara langsung. Kecepatan twitter dalam menyampaikan pesan dan mendapat respon, diminati masyarakat Bandung untuk aktif sebagai pengguna, sehingga menempatkan Kota Bandung menjadi kota tersibuk ke enam di twitter. Hal tersebutlah yang mendorong Wali Kota Bandung memanfaatkan twitter sebagai media komunikasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan jejaring sosial twitter sebagai media komunikasi oleh Wali Kota Bandung, serta mendeskripsikan analisis pesan komunikasi akun @ridwankamil termasuk ke dalam kategori bentuk pesan informatif, persuasif, dan koreasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis data kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan penelusuran data online. Penelitian ini menggunakan dua teori komunikasi, yaitu teori deternimisme teknologi dan teori komunikasi dunia maya. Analisis pesan yang dilakukan dalam penelitian ini berdasarkan pada hasil screenshot tweet di akun @ridwankamil selama 32 hari, yakni dari tanggal 09 Desember 2013 sampai dengan 09 Januari 2014. Pemilihan akun @ridwankamil sendiri dipilih berdasarkan penilaian peneliti secara subyektif melalui pengamatan yang dilakukan tersendiri. Selama tahap analisis, peneliti mengelompokkan tweet akun @ridwankamil pada tiga tema umum, yakni pesan berisi mengenai program dan kebijakan Wali Kota Bandung, informasi, dan apresiasi. Selanjutnya peneliti memfokuskan tiga tema tersebut ke dalam bentuk-bentuk pesan, yaitu informatif, persuasif, dan koreasi. Hasil dari analisis didapat, bahwa pesan-pesan tersebut mampu menarik perhatian sebagian besar masyarakat Kota Bandung lewat tanggapan langsung dari follower sebanyak 338 respon tweet yaitu bentuk pesan informatif 123 tweet, persuasif 196 tweet, dan koreasi 19 tweet. Sedangkan bentuk respon nyata dari follower mencapai 105 tweet tanggapan berupa gambar kegiatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi melalui media sosial twitter merupakan salah satu bentuk pembuktian eksistensi diri dari modernisasi dalam gaya berkomunikasi. Ridwan Kamil memanfaatkan media sosial twitter sebagai salah satu cara berinteraksi dengan masyarakat karena tidak dimilikinya media mainstream sebagai alat penyampaian pesan. Sedangkan respon atau tanggapan yang didapat Ridwan Kamil dari follower dipengaruhi kemudahan dalam mengakses jejaring sosial twitter serta tingginya minat warga Kota Bandung yang aktif menggunakan media sosial twitter.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jejaring Sosial, Twitter, Media Komunikasi, Pejabat Publik |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 02 Nov 2016 08:44 |
Last Modified: | 06 Jan 2017 08:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/2443 |
Actions (login required)
View Item |