Implementasi Peraturan Daerah (Perda) No 04 Tahun 2011 tentang Pedagang Kaki Lima (PKL): Penelitian tentang kesejahteraan sosial pada pedagang di Alun-alun Cicalengka Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung

Dena, Ayang (2019) Implementasi Peraturan Daerah (Perda) No 04 Tahun 2011 tentang Pedagang Kaki Lima (PKL): Penelitian tentang kesejahteraan sosial pada pedagang di Alun-alun Cicalengka Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari fenomena yang ada di Alun-alun Cicalengka, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung. Di Alun-alun Cicalengka terdapat banyak Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan yang mengakibatkan permasalahan-permasalahan yang cukup serius. Permasalahan tersebut khususnya mengenai bidang ketertiban, keamanan, kenyamanan dan kebersihan daerah. Kemudian Pemerintah Daerah (Pemda) mengeluarkan aturan Peraturan Daerah (Perda) No 04 Tahun 2011 tentang Pedagang Kaki Lima (PKL) yang di harapkan terciptanya keamanan, ketertiban, kebersihan dan juga kenyamanan bagi masyarakatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi kesejahteraan sosial bagi para Pedagang Kaki Lima (PKL) khususnya yang berada di Alun-alun Cicalengka, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung setelah di berlakukannya Peraturan Daerah (Perda) No 04 Tahun 2011. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori tentang Perubahan Sosialdari Talcott Parsons. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan subjek penelitian adalah anggota masyarakat itu sendiri sebagai orang yang berdagang atau berjualan sebagai pedagang kaki lima (PKL), dan aparat penegak hukum atau ketertiban yaitu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, melakukan observasi dan mengumpulkan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Peraturan Daerah (Perda)No 04 Tahun 2011 Tentang Pedagang Kaki Lima (PKL) masih kurang efektif, melihat dalam segi kesejahteraan sosial pada pedagang menjadi semakin menurun setelah diberlakukannya Peraturan Daerah (Perda). Oleh karena itu agar menjadi lebih efektif harus lebih di perhatikan akan tersedia nya tempat yang lebih baik untuk pedagang kaki lima (PKL) untuk berdagang dan berjualan. Sehingga para pedagang kaki lima (PKL) tidak bingung harus berjualan dimana, dan lebih memperhatikan kesejehteraan sosial para pedagang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Pedagang Kaki Lima;
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: ayang dena
Date Deposited: 26 Sep 2019 07:04
Last Modified: 26 Sep 2019 07:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24439

Actions (login required)

View Item View Item