Respons Mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalistik Angkatan 2012 terhadap Video “Kasus Ustadz Hariri” dalam YouTube

Siti Maryam Nurul Ulfa, Siti (1210405095) (2014) Respons Mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalistik Angkatan 2012 terhadap Video “Kasus Ustadz Hariri” dalam YouTube. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)

Abstract

Perkembangan teknologi membawa perkembangan pula terhadap media massa sebagai sarana informasi sehingga menumbuhkan suatu bentuk media baru, yaitu media internet. Sebagai media baru yang dapat memenuhi kebutuhan informasi masyarakat dengan mudah, media internet juga menumbuhkan jurnalisme warga (citizen journalism), salah satu media online yang dapat digunakan untuk mencari dan menyebarluaskan informasi jurnalisme warga yaitu media YouTube. Salah satu video yang diunggah melalui YouTube oleh warga yaitu video “kasus Ustadz Hariri”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perhatian, pemahaman, serta penerimaan mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalistik angkatan 2012 UIN Sunan Gunung Djati Bandung terhadap video “kasus Ustadz Hariri” dalam YouTube. Penelitian ini menggunakan teori S-O-R atau Stimulus – Organism – Response. Menurut teori respons ini tingkah laku sosial dapat dimengerti melalui suatu analisa stimuli yang diberikan dan dapat mempengaruhi reaksi yang spesifik sesuai dengan reaksi yang terjadi. Penulis menggunakan teori S-O-R karena teori tersebut berkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Stimulus yang dimaksud yaitu video “kasus Ustadz Hariri” dalam YouTube, organism yang dimaksud yaitu mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalistik angkatan 2012, dan Respons dengan aspek perhatian, pemahaman, dan penerimaan pada video “kasus Ustadz Hariri”. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif, yaitu suatu metode yang menggambarkan suatu peristiwa yang terjadi pada saat penelitian dilakukan, serta dalam memperoleh data-data dilakukan dengan cara penyebaran angket. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran kuisioner kepada 47 responden yang merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalistik angkatan 2012. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis kuantitatif yang diolah menggunakan rumus-rumus statistik baik secara manual maupun dengan menggunakan aplikasi SPSS yang terdapat dalam komputer. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa respon mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalistik angkatan 2012 terhadap video “kasus Ustadz Hariri” dalam YouTube termasuk ke dalam kategori tinggi. Hal tersebut terlihat dari persentase perhatian dari responden sebesar 73%, persentase pemahaman dari responden sebesar 72%, dan persentase penerimaan dari responden sebesar 75%

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Respon, Mahasiswa Jurnalistik, Video, Kasus Ustadz Hariri, YouTube
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2016 01:24
Last Modified: 06 Jan 2017 09:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2445

Actions (login required)

View Item View Item