Vidgram sebagai sarana media dakwah: Studi deskriptif pada akun Instagram @Pelangiislam

Yanis, Taqdirul Alim (2019) Vidgram sebagai sarana media dakwah: Studi deskriptif pada akun Instagram @Pelangiislam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, masyarakat saat ini diberi kemudahan untuk berselancar didunia maya. Penggunaannya bermacam-macam, salah satunya untuk berdakwah. Dewasa ini, para pelaku dakwah dituntut untuk lebih cermat dalam menggunakan media sosial sebagai sarana untuk menyampaikan pesan dakwah. Akun Pelangiislam merupakan salah satu dari berbagai akun instagram yang menyajikan konten-konten terkait kajian keislaman. Dengan pengemasan konten dakwah yang baik, akun Pelangiislam mampu menarik perhatian pengguna instagram untuk melihat serta mendengarkan pesan dakwah yang disampaikan dengan menggunakan fitur vidgram (video gram). Tercatat hingga saat ini akun Pelangiislam telah memiliki sebanyak 197 ribu followers. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan vidgram sebagai sarana media dakwah, yang mana didalamnya terdapat pula pembahasan mengenai materi dakwah serta kriteria dakwah vidgram pada akun instagram Pelangiislam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitaif, yang memungkinkan peneliti untuk menggambarkan serta memilihi poin penting sebagai temuan penelitian yang dibutuhkan. Langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini yaitu menentukan objek penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan jenis dan sumber data, menentukan teknik pengumpulan data, mengolah, menganalisis serta menyimpulkan temuan data tersebut. Penelitian yang dilakukan terhadap akun instagram Pelangiislam memberikan hasil bahwa akun Pelangiislam menggunakan fitur vidgram untuk menyampaikan pesan dakwah dengan jenis video berdurasi maksimal 60 detik. Terkait materi yang dipilih untuk disampaikan dikategorikan kedalam 3 bahasan materi, yaitu : Akidah, Akhlak dan Syari’ah. Dalam penyampaian pesan dakwahnya dengan fitur vidgram akun instagram Pelangiislam memiliki kriteria tersendiri, yaitu: lemah lembut dalam menyampaikan, mempermudah tidak mempersulit, memberikan kesadaran, tidak provokatif serta memiliki pendasaran yang kuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Vidgram; Media Sosial; Instagram;
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: taqdirul alim yanis
Date Deposited: 26 Sep 2019 08:38
Last Modified: 26 Sep 2019 08:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24468

Actions (login required)

View Item View Item