Analisis konsepsi siswa pada materi kesetimbangan kimia menggunakan instrumen tes Four-Tier Multiple Choice

Winata, Bagas Cahyo (2019) Analisis konsepsi siswa pada materi kesetimbangan kimia menggunakan instrumen tes Four-Tier Multiple Choice. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsepsi siswa pada materi kesetimbangan kimia menggunakan instrument tes four-tier multiple choice. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA pada 5 SMA Negeri di kota Bandung sebanyak 150 responden yang masing-masing sekolah terdiri dari 30 responden. Butir soal pada instrumen ini sebanyak 11 buah. 11 butir soal yang telah tervalidasi ini memiliki 72% soal valid dan 28% soal yang tidak valid. Soal yang tidak valid dilakukan perbaikan pada redaksi dan distraktor agar dapat digunakan. Uji kelayakan soal menunjukkan bahwa butir soal layak digunakan karena memiliki r11 sebesar 0,97. Data hasil instrumen menunjukkan sebanyak 40,48% siswa memiliki konsepsi tidak paham konsep yang didominasi pada representasi konsentrasi spesi kimia saat mencapai K<1 dan 28,79% siswa memiliki konsepsi miskonsepsi yang didominasi pada penentuan nilai K dari suatu sistem heterogen. Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan siswa memiliki konsepsi kesetimbangan kimia yang tidak utuh dan cenderung mengalami miskonsepsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konsepsi;Kesetimbangan Kimia;Four-Tier Multiple Choice
Subjects: Education > Statistic of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Bagas Cahyo Winata
Date Deposited: 03 Oct 2019 07:06
Last Modified: 03 Oct 2019 07:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24568

Actions (login required)

View Item View Item