Manajemen pengembangan diri peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Ar-Raudloh Cileunyi Bandung

Ratnasari, Elisa (2019) Manajemen pengembangan diri peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Ar-Raudloh Cileunyi Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI .pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kerjasama dan kemandirian peserta didik secara optimal untuk dapat mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional. Walaupun sarana penunjang kegiatan ekstrakurikuler yang ada di Madrasah Tsanawiyah Ar-Raudloh Cileunyi Bandung belum maksimal, tetapi tidak menjadi suatu hambatan dalam mengembangkan potensi peserta didik untuk meraih prestasi dan mengharumkan nama lembaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) latar alamiah; (2) perencanaan kegiatan ekstrakurikuler; (3) pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler; (4) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler; (5) pengawasan dan evaluasi kegiatan ekstrakurikuler; (6) faktor penunjang dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler; (7) hasil yang dicapai dari kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiyah Ar-Raudloh Cileunyi Bandung. Penelitian ini berangkat dari pemikiran fungsi manajemen menurut G.R Terry yaitu planning, organizing, actuating, controling. Manajemen yang baik sangat dibutuhkan dalam kegiatan ekstrakurikuler untuk mencapai tujuan madrasah meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan ekstrakurikuler agar pengembangan potensi peserta didik berjalan secara efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakn metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan menyalin dokumen. Sedangkan dalam menganalisis data ialah dengan tujuan penafsiran deskripsi semata-mata. Adapun uji absah data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat, kecakupan refrensi, kajian kasus negatif, pengecekan anggota, uraian rinci, audit unutk kriteria kebergantungan dan audit kriteria kepastian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Manajemen Pengembangan Diri Peserta Didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MTs Ar-Raudloh Cileunyi Bandung terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler meliputi perumusan tujuan, penentuan pendanaan, penentuan jenis kegiatan, penentuan pelatih, penentuan jadwal, dan penentuan penilaian kegiatan ekstrakurikuler. Pengorganisasian meliputi pengorganisasian kegiatan dan struktur kepengurusan. Pelaksanaan meliputi langkah-langkah pelaksanaan, proses pelaksanaan, dan partisipasi peserta didik. Pengawasan meliputi pengawasan kegiatan, evaluasi kegiatan, dan pelaporan hasil kegiatan. Faktor penunjang dan penghambat secara internal dan eksternal. Manajemen pengembangan diri peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler menghasilkan peserta didik yang berprestasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Ekstrakurikuler; Peserta Didik
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education > Organization of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Elisa Ratnasari Suherja
Date Deposited: 03 Oct 2019 07:30
Last Modified: 03 Oct 2019 07:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24569

Actions (login required)

View Item View Item