Penerapan metode card sort untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadis pokok bahasan hukum bacaan Idgham dan Iqlab: Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas IV-B MI Husainiyah Cicalengka Kabupaten Bandung

Rabani, Regina (2019) Penerapan metode card sort untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadis pokok bahasan hukum bacaan Idgham dan Iqlab: Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas IV-B MI Husainiyah Cicalengka Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan pada pembelajaran Alquran Hadis bahwa dalam proses pembelajaran ini menyampaikan materi hanya menggunakan metode ceramah saja. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa kurang maksimal. Adapun cara mengatasi masalah tersebut dilakukan proses pembelajaran yang melibatkan siswa belajar secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Alquran Hadis dengan menggunakan metode Card Sort. Adapun untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV-B MI Husainiyah Cicalengka setelah menerapkan metode Card Sort. Metode Card Sort merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa ketika pembelajaran berlangsung. Metode Pembelajaran ini, diawali dengan guru menjelaskan materi, selanjutnya guru menyiapkan kartu berisi tentang materi sesuai dengan materi yang akan dibelajarkan (misalnya materi hukum bacaan Idgham dan Iqlab), guru memberi kartu indeks yang berisi informasi atau contoh yang cocok dengan satu atau beberapa kategori, bagikan kartu pada masing-masing siswa, kemudian siswa berkeliling mencari kartu yang sesuai (biarkan siswa menemukannya sendiri), ketika mendapat kartu yang sesuai siswa membuat kelompok, dan hasilnya ditempel di papan tulis. Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi aktivitas guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-B MI Husainiyah Cicalengka berjumlah 25 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Berdasarkan analisis penelitian yang telah dilakukan bahwa penerapan metode Card Sort terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa di setiap siklus. Hasil belajar siswa setelah menggunakan metode Card Sort dari siklus I memperoleh nilai rata-rata 68,5. Adapun di siklus II hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Card Sort mengalami peningkatan karena siswa belajar lebih aktif sehingga nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 83,6. Maka dalam hal ini metode Card Sort dapat digunakan dan sesuai dalam pembelajaran Alquran Hadis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode card sort; hasil belajar;
Subjects: Accounting > General Publications of Accounting
Accounting > Education, Research of Accounting
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Regina Rabani
Date Deposited: 30 Sep 2019 07:12
Last Modified: 30 Sep 2019 07:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24575

Actions (login required)

View Item View Item