Irene, Inge Rosafina (2019) Pengaruh metode pembelajaran poster comment terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pencemaran lingkungan: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas X SMAN 13 Kota Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (348kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
Abstract
Metode pembelajaran Poster Comment digunakan untuk mengatasi permasalahan mendasar akan rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen. Penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2018/2019 dari April hingga Mei 2019. Sampel yang digunakan dua kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas ekperimen dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, tes kemampuan pemecahan masalah, dan angket. Penelitian ini diperoleh hasil keterlaksanaan pembelajaran penggunaan metode Poster Comment terlaksana dengan baik. Kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen meningkat dengan N-Gain 0,66 dan kelas kontrol 0,53. Hasil uji-t menunjukkan bahwa metode poster comment berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pencemaran lingkungan. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode poster comment diperoleh nilai rata-rata 3,85 dengan interpretasi tinggi. Hasil peningkatan dipengaruhi oleh kemampuan dasar siswa, kondisi siswa, faktor eksternal maupun faktor internal. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi dasar untuk menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan oleh guru pada saat pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Poster Comment; Kemampuan pemecahan masalah; Pencemaran lingkungan; |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Inge Rosafina Irene |
Date Deposited: | 01 Oct 2019 03:53 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 03:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24631 |
Actions (login required)
View Item |