Pengaruh liabilitas jangka pendek dan liabilitas jangka panjang terhadap laba bersih pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII): Studi di PT Indocement Tunggal Prakarsa TBK) periode 2008-2017

Nasution, Aprida Mayasari (2019) Pengaruh liabilitas jangka pendek dan liabilitas jangka panjang terhadap laba bersih pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII): Studi di PT Indocement Tunggal Prakarsa TBK) periode 2008-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK .pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_ DAFTAR ISI.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf

Download (931kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi bagaimana dalam menjalankan kegiatan perusahaannya tidak menyalurkan dananya kepada unsur-unsur yang tidak sesuai dengan syari’ah maka sejauh mana perusahaan mampu mempertahankan kinerjanya. Dalam penelitian ini, menjadikan PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk sebagai objek penelitian. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisa Pengaruh Liabilitas Jangka Pendek terhadap Laba Bersih secara parsial, (2) menganalisa pengaruh Liabilitas Jangka Panjang terhadap Laba Bersih secara parsial, (3) menganalisa pengaruh Liabilitas Jangka Pendek dan Liabilitas Jangka Panjang terhadap Laba Bersih pada PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk secara simultan. Liabilitas jangka pendek teorinya naik maka laba bersih menjadi turun, liabilitas jangka panjang teorinya naik maka laba bersih juga turun. Dan dari liabilitas jangka pendek dan liabilitas jangka panjang teorinya naik secara bersama-sama berpengaruh kepada laba bersih yang teorinya turun. Dengan asumsi semakin besar liabilitas jangka pendek dan liabilitas jangka panjang yang diperoleh perusahaan maka semakin besar pula laba bersih turun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu dengan metode analisis uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana dan berganda, uji korelasi, analisis determinasi dan analisis uji t dan uji F. Data yang digunakan merupakan data yang diambil dari laporan keuangan tahunan yang diperoleh dari PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Untuk pengolahan data menggunakan program SPSS V 20.0 dan Microsoft Excel 2007 sebagai alat bantu. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa terbukti pengaruh liabilitas jangka pendek tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap laba bersih dengan korelasi lemah yaitu 0,262, kd sebesar 6,8, thitung 0,767 < ttabel 2,306. Pengaruh liabilitas jangka panjang terbukti tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap laba bersih dengan korelasi sedang yaitu 0,410, kd sebesar 0,168, thitung 1,272 < ttabel 2,306. Sedangkan secara simultan pengaruh liabilitas jangka pendek dan liabilitas jangka panjang terbukti berpengaruh tidak signifikan terhadap laba bersih dengan korelasi sebesar 0,515, kd 0,265 dan perbandingannya F thitung 1,262 < Ftabel 4,72.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Liabilitas Jangka Pendek; Liabilitas Jangka Panjang; Laba Bersih;
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: aprida mayasari nasution
Date Deposited: 02 Oct 2019 01:24
Last Modified: 02 Oct 2019 01:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24667

Actions (login required)

View Item View Item