Penerapan lembar kerja berbasis predict, observe, explain pada eksperimen pembuatan kertas indikator dari tanaman sambang colok (Aerva sanguinolenta) untuk mengembangkan keterampilan proses sains mahasiswa

Yuniartika, Yuniartika (2019) Penerapan lembar kerja berbasis predict, observe, explain pada eksperimen pembuatan kertas indikator dari tanaman sambang colok (Aerva sanguinolenta) untuk mengembangkan keterampilan proses sains mahasiswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy

Abstract

Eksperimen merupakan salah satu metode pembelajaran kimia yang vital, namun belum sepenuhnya dapat mengembangkan keterampilan proses sains (KPS). Salah satu penyebabnya yaitu prosedur atau lembar kerja (LK) yang digunakan hanya berisi instruksi langsung. Metode penelitian one shot case study dilakukan dalam penerapan LK berbasis POE (predict, observe, explain) pada eksperimen pembuatan kertas indikator dari tanaman sambang colok (Aerva sanguinolenta) oleh mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Kimia UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebanyak 19 orang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk medeskripsikan aktivitas mahasiswa dalam pengerjaan LK dan mengembangkan keterampilan proses sains mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kerja, lembar observasi, dan lembar penilaian kinerja mahasiswa. Hasil penelitian yaitu diperoleh data aktivitas mahasiswa pada eksperimen pembuatan kertas indikator dari tanaman sambang colok (Aerva sanguinolenta) yang secara keseluruhan diinterpretasikan sangat baik dengan nilai rata-rata persentase 89%. Aktivitas mahasiswa pada masing-masing tahap predict, observe, maupun explain diinterpretasikan sangat baik. KPS mahasiswa dalam penerapan LK berbasis predict, observe, explain pada eksperimen pembuatan kertas indikator dari tanaman sambang colok (Aerva sanguinolenta) secara keseluruhan diinterpretasikan baik sekali dengan rata-rata nilai 84,90.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pendidikan; kimia; lembar kerja; eksperimen; keterampilan proses sains;
Subjects: Education
Organic Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Yuniartika Yuniartika Rose
Date Deposited: 16 Oct 2019 03:05
Last Modified: 16 Oct 2019 03:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24880

Actions (login required)

View Item View Item