Komunikasi persuasif dalam membangun harmoni sosial beragama : Studi Fenomenologi di Majlis Ta'lim Al-Islah Cilawu Garut

Nur Albar, Aisyi (2019) Komunikasi persuasif dalam membangun harmoni sosial beragama : Studi Fenomenologi di Majlis Ta'lim Al-Islah Cilawu Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover (1).pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5-bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat Cilawu identik dengan masyarakat yang plural, Keragaman ini salah satunya ditandai beragamnya keyakinan pemahaman Islam. terdapat berbagai organisasi Islam seperti Nahdhatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan Persis, dengan mayoritas berlatar belakang Syarikat Islam. Penelitian ini dilakukan di majelis ta’lim Al-Barkah karena di majelis ta’lim ini memiliki keunikan, dengan ditandai tingkat keragaman jamaah yang menghadiri pengajiannya, di majelis ta’lim itu ada Syarikat Islam, NU (Nahdatul Ulama), Persatuan Islam, dan Muhammadiyah. Sehingga wajar jika majelis ta’lim ini memiliki dinamika yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan majelis ta’lim yang lain./Majlis ta’lim Al- Islah adalah salah satu majelis ta’lim yang gerakan dakwahnya bersifat terbuka dan sikap ibadahya tidak beroientasi pada satu madzhab tertentu. Da’i berdakwah untuk mengajak masayarakat hidup sehari-hari secara berdampingan dengan perbedaan khilafiyah yang ada, ajarannya yang mudah dipahami dan realistis membuat masyarakat diskitar tertarik dengan dakwah yang belangsung di majelis ta’lim Al-Islah ini./Atas beberapa temuan diatas, maka penelitian ini dilakuka lebih spesifik berdasarkan dakwah Ustad Asbhar dari Persfektif komuikasi persuasif yang ditinjau melalui pendekatatan kualitatif dengan metode fenomeologi. Schutz membedakan dua tipe motif, yakni motif ”tujuan” (in order to motive) dan motif “sebab” (because motive). Because motive yang dimiliki da’i dalam berdakwah sebagai komunikasi pembelajaran adalah da’i sebagai media pemberi informasi. Pada because motive ini, da’i menjadikan hand out dan infokus sebagai sumber kebutuhan akan pemenuhan informasi mengenai agama islam. Metode ini dinamakan dengan metode ngaderes. In-order- to-motive) da’i memiliki harapan untuk memotivasi mad’u untuk bisa merubah kebiasaan dalam beribadah agar tidak taqlid.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif;majlis Ta,lim;da'i;Fenomenologi
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: aisyi nur albar
Date Deposited: 04 Oct 2019 07:03
Last Modified: 04 Oct 2019 07:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24898

Actions (login required)

View Item View Item