Pengaruh operating income dan other income terhadap Basic Earning Per Share (BEPS) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Aneka Tambang (ANTAM) Tbk Periode 2008-2017

Rosiana, Hikmah (2019) Pengaruh operating income dan other income terhadap Basic Earning Per Share (BEPS) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Aneka Tambang (ANTAM) Tbk Periode 2008-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu tolak ukur keberhasilan suatu perusahaan dalam hal ini adalah tingkat perolehan laba. Laba bersumber dari selisih pendapatan dan beban. pendapatan yang besar mencerminkan perolehan laba yang besar pula, asalkan manajemen mampu meminimalisir biaya yang muncul selama kegiatan operasional berlangsung. Permasalahan muncul ketika pendapatan yang diperoleh tinggi, tetapi jumlah laba yang dihasilkan rendah ataupun sebalikya, seperti terjadi di PT. Aneka Tambang, Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Operating Income dan Other Income terhadap Basic Earning Per Share (BEPS) pada PT. Bank Mega Syariah; untuk mengetahui pengaruh Operating Income secara parsial terhadap Basic Earning Per Share (BEPS) PT.Aneka Tambang, Tbk; dan untuk mengetahui pengaruh Operating Income dan Other Income secara simultan terhadap Basic Earning Per Share (BEPS) PT. Aneka Tambang. Tbk. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah merujuk kepada beberapa pendapat para ahli keuangan dan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa semakin besar tingkat laba yang dibagikan kepada pemegang saham maka semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap Basic Earning Per Share (BEPS). Adapun variabel-variabel yang digunakan adalah Operating Income dan Other Income sebagai variabel independen dan BEPS sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam Penelitian ini adalah data sekunder. Data yang digunakan dalam Penelitian ini berupa Laporan Keuangan PT. Aneka Tambang, Tbk yang berasal dari halaman website yang disediakan oleh PT. Aneka Tambang, Tbk. Melalui penelitian ini diperoleh kesimpulan: (1) Perhitungan uji t menunjukkan besarnya thitung 3.085 > ttabel 2.306 maka Ha diterima, artinya secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Operating Income terhadap Basic Earning Per Share (BEPS). (2) Perhitungan uji t menunjukkan besarnya thitung 3.002 > ttabel 2.306 maka Ha diterima, artinya hal ini menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Other Income terhadap Basic Earning Per Share (BEPS) pada PT. Aneka Tambang, Tbk. (3) Berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung 24.234 > Ftabel 4.74 maka terima Ha, artinya secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Operating Income (X1) dan Other Income (X2) terhadap Basic Earning Per Share (BEPS) (Y).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Laba; Saham; Operating Income; Other Income; Basic Earning Per Share (BRPS);
Subjects: Accounting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: hikmah rosiana rosiana
Date Deposited: 16 Oct 2019 03:09
Last Modified: 16 Oct 2019 03:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24900

Actions (login required)

View Item View Item