Winara, Dudung (2017) Manajemen peningkatan profesionalisme guru: Studi tentang kepemimpinan Kepala Sekolah SMA Al-Ittihad Karangtengah Cianjur. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (366kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (748kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (851kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
Abstract
INDONESIA : Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta di SMA Al-Ittihad kurangnya kesadaran peserta didik terhadap pengamalan agama dan pelaksanaan shalat fardu berjamaah, mereka harus selalu diserukan; ketika acara pengajian dimulai ia terlambat, kadang-kadang berdiam diri di kamar masing-masing; ketika diminta untuk membiasakan diri membaca al-Quran, masih banyak peserta didik yang malas untuk membacanya; dan ditambah lagi banyaknya peserta didik yang masih nakal, mulai dari mencoret-coret tembok sekolah dengan kata-kata yang tidak baik, bahkan dalam bebicara pun masih ada siswa yang melanggar aturan. Kondisi demikian sebagiannya diakibatkan oleh kinerja guru-guru yang kurang profesional dalam menjalankan tupoksinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program kepala sekolah dalam merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengawasi dan faktor pendukung dan penghambat terhadap upaya meningkatkan profesionalisme guru-guru di SMA Al-Ittihad. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifar deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Ketiganya dilakukan secara interaktif dengan proses pengumpulan data (data collecting) sebagai satu siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas diri guru, melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, memberikan insentif honorarium yang memadai, mengikutsertakan guru dalam pelatihan, workshop, seminar, lokakarya dan sebagainya. Guru-guru secara aktif berpartisipasi dalam kegiatan yang menantang dan menarik, membangun hubungan baik dengan masyarakat luar untuk memiliki kemampuan dan pengalaman dalam rangka pengembangan pendidikan. Meningkatkan kualifikasi pendidikan guru agar mereka jangan sampai hanya puas dengan ilmu yang sudah dimiliki, merasa cukup dengan apa yang sudah dikuasai sekarang, menghasilkan rata-rata guru berkualifikasi sarjana (S1), tujuh orang magister (S2), dalam proses pendidikan untuk jenjang magister S2 4 guru. Pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah berlangsung secara periodik, berkala, bertahap dan berkesinambungan, meneliti dengan seksama laporan-laporan yang disusun oleh para guru yang melaksanakan perencanaan dalam rangka penjaminan efektivitas pelaksanaan pembelajaran. Hasilnya dipergunakan untuk peningkatan profesionalisme guru di tahun pembelajaran berikutnya. Faktor pendukungnya sebagian tingkat pendidikan guru yang memadai, kepribadian dan dedikasinya tidak diragukan, kemampuan mengajar yang baik, dan kedisiplinan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang motivasi dalam mengajar, faktor orang tua siswa yang kurang apresiatif, serta lingkungan yang tidak berbaur dengan masyarakat pada umumnya. ENGLISH : This research is motivated by the facts in SMA Al-Ittihad the lack of awareness of learners of religious practices and the implementation of obligatory prayers in congregation, they should always be invoked; when the recitation begins he is late, sometimes stays in his or her own room; when asked to get used to reading the Koran, there are still many lazy learners to read it; and the addition of many students who are still naughty, ranging from scribbling the school wall with words that are not good, even in speaking there are still students who violate the rules. Such conditions are in part due to the performance of teachers who are less professional in performing their main duties and functions. The purpose of this research is to know the principal's program in planning, organizing, implementing, supervising and supporting factors and inhibiting the effort to improve the professionalism of teachers in SMA Al-Ittihad. This research is a qualitative descriptive field research. Data collection using interview method, observation and documentation. Data analysis used is qualitative analysis consisting of three component of analysis that is data reduction, data presentation, and conclusion. All three are done interactively with data collection process (data collecting) as one cycle. The results show that planning is done by improving teacher quality, continuing education to a higher level, providing adequate honorarium incentives, involving teachers in training, workshops, seminars, workshops and so on. Teachers are actively participating in challenging and exciting activities, building good relationships with outside communities to have the ability and experience in the context of educational development. Increase teacher education qualification so that they should not be satisfied with the knowledge they already possessed, enough with what has been mastered now, produce the average of undergraduate qualified teachers (S1), seven masters (S2), in the process of education for master's degree 4 teachers. Supervision conducted by the principal takes place periodically, periodically, gradually and continuously, thoroughly examining the reports prepared by the teachers who implement the planning in order to guarantee the effectiveness of the implementation of learning. The results are used for the improvement of teacher professionalism in the next learning year. Factors supporting some of the level of teacher education is adequate, personality and dedication no doubt, good teaching skills, and discipline. While the inhibiting factors are lack of motivation in teaching, parents who less appreciative factors, and the environment that does not blend with the community at large.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Peningkatan; Profesionalisme Guru |
Subjects: | Social Process > Leadership General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Zulfa Sofyani Putri |
Date Deposited: | 04 Oct 2019 09:45 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 03:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24928 |
Actions (login required)
View Item |