Mulyani, Melan (2019) Pengaruh model Quantum Teaching tipe TANDUR terhadap keterampilan komunikasi Siswa pada materi sistem ekskresi: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VIII SMP Al-Hasan Panyileukan Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (553kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang timbul yaitu kurang meningkatkannya keterampilan komunikasi siswa dalam pembelajaran Biologi. Siswa kurang terampil dalam menjelaskan, jika terdapat permasalahan dalam bentuk gambar, tabel maupun grafik. Hal ini berakibat pada kurang tergalinya keterampilan berkomunikasi siswa dalam proses belajar dan siswa masih belum menguasai konsep sehingga sulit mengkomunikasikannya. Maka dari itu, model Quantum Teaching tipe TANDUR diterapkan dengan harapan dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan keterlaksanaan, keterampilan komunikasi, pengaruh, dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan model Quantum Teaching tipe TANDUR pada materi sistem ekskresi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes keterampilan komunikasi siswa, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru dengan dan tanpa menggunakan model Quantum Teaching tipe TANDUR memiliki kategori sangat baik dan aktivitas siswa dengan dan tanpa menggunakan model Quantum Teaching tipe TANDUR memiliki kategori baik. Keterampilan komunikasi siswa pada kelas eksperimen meningkat dengan N-Gain 0,58 (sedang) dan kelas kontrol sebesar 0,40 (sedang). Respon siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan Quantum Teaching tipe TANDUR memiliki rata-rata 3,74 dengan kategori tinggi, sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR memiliki rata-rata 3,19 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Quantum Teaching tipe TANDUR berpengaruh positif terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi sistem ekskresi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran; keterampilan proses sains; keterampilan komunikasi. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Melan Melan Mulyani |
Date Deposited: | 08 Oct 2019 02:12 |
Last Modified: | 08 Oct 2019 02:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24960 |
Actions (login required)
View Item |