Gaya retorika dakwah Ustadz Felix Y. Siauw melalui media youtube

Rahmawati, Ilna Sri (2017) Gaya retorika dakwah Ustadz Felix Y. Siauw melalui media youtube. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (658kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)

Abstract

Retorika merupakan seni berkomunikasi secara lisan yang dilakukan oleh seseorang kepada sejumlah orang secara langsung dengan bertatap muka. Istilah retorika sering di samakan dengan istilah pidato. Ustadz Felix Siauw dikenal sebagai ustadz muda lebih populernya lagi sering di sebut ustadz kultwit. Aktif sebagai penulis, pengemban dakwah kepada umat islam khususnya remaja. Melihat gaya retorika nya, banyak sekali ketertarikan dalam dakwahnya dimulai dari kajian yang menggelora dan pembahasannya yang menyoroti seputar keremajaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gaya bahasa yang digunakan ustadz Felix Y. Siauw, bagaimana bahasa tubuh (gesture) yang digunakan ustadz Felix Y. Siauw, bagaimana olah vokal (tata bunyi) yang digunakan ustadz Felix Y. Siauw. Pemilihan teori yang digunakan dalam penelitian ini tentunya harus memiliki relevansi. Teori yang digunakan adalah teori Harold Lasswell menjelaskan Who say What in channel to Whom with effect. Asumsi dasarnya adalah komunikator, pesan, media, komunikan, dan efek. Maksudnya bahwa pesan yang disampaikan komunikator kepada komunikan melalui media tertentu akan menimbulkan efek tertentu. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi (content analysis) yang bertujuan untuk menggunakan pesan atau isi yang tersurat dan tersirat dalam sebuah dokumentasi. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa: Gaya retorika dari segi gaya bahasa (style) adalah ustadz Felix Y. Siauw sangat mahir dalam meracik katakata, kata-kata yang bergelora memberikan semangat (ghirah) keIslaman yang tinggi sehingga membuat khalayak lebih semangat bahkan menjiwai, menikmati kekuatan kata demi kata sehingga menimbulkan ketertarikan tersendiri. Gaya retorika dari segi bahasa tubuh (gesture) adalah ustadz Felix Y. Siauw berdiri tegak, senyum tulus, menatap tajam khalayak dengan menatap lembut penuh santun, dan selalu menggunakan tangan sebagai alat untuk mengarahkan dan memberikan poin-poin penting menggunakan media infocus. Gaya retorika dari segi vokal (tata bunyi) adalah ustadz Felix Y. Siauw menggunakan intonasi dengan baik, irama yang tegas, nada suara yang lantang, juga alunan nada dalam setiap kata demi kata jelas dan dapat dipahami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Retorika; Dakwah; Felix Y. Siauw;
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 07 Oct 2019 01:54
Last Modified: 07 Oct 2019 01:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24973

Actions (login required)

View Item View Item