Implikasi mahabbah terhadap kesehatan mental: Studi kasus terhadap jamaah Tarekat Naqsyabandiyah Al-Haqqani di Pesantren Al-Falah I Cicalengka

Panggabean, Rizky Salvian (2019) Implikasi mahabbah terhadap kesehatan mental: Studi kasus terhadap jamaah Tarekat Naqsyabandiyah Al-Haqqani di Pesantren Al-Falah I Cicalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan zaman membawa kebanyakan manusia untuk dapat memenuhi tuntutan dalam hidup yang semakin berat. Tak sedikit tuntutan hidup yang semakin berat tersebut menjadi sebuah permasalahan dalam hidupnya. Masalah-masalah dalam hidup inilah yang banyak membuat manusia modern menjadi stress bahkan bisa sampai terganggu mental mereka. Tarekat menjadi jalan keluar bagi beberapa orang dalam menenangkan hati mereka agar tercapainya mental dan rohani yang sehat dengan suatu pendekatan dalam penguatan dalam mentauhidkan Allah Swt serta meningkatkan keimanan kepada Allah Swt, karena keimanan dan tauhid yang besar terhadap Allah akan menimbulkan sikap mahabbah dalam diri seseorang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Tarekat Naqsyabandiyah dalam mencapai mahabbah, apa yang mereka gunakan untuk mencapai mahabbah, serta bagaimana implikasi mahabbah itu sendiri terhadap kesehatan mental pada jamaah Tarekat Naqsyabandiyah Al-haqqani. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mendeskripsikan data serta didukung dengan observasi, wawancara, studi pustaka, serta dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data dari penelitian ini. Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan bahwasanya variabel mahabbah mempunyai implikasi positif dan signifikan terhadap kesehatan mental jamaah Tarekat Naqsyabandiyah Al-haqqani. Melalui amalan dan latihan kerohanian yang beratlah yang dibimbing oleh Mursyid akan timbul rasa mahabbah dalam diri jamaah Tarekat. Dengan latihan kerohaniaan inilah hawa nafsu jamaah Tarekat akan dapat dikuasai sepenuhnya sehingga mental pun akan terjaga dari penyakit-penyakit mental. Dengan sifat mahabbah setiap jamaah lebih tenang dalam menjalani hidup mereka tidak lagi gelisah dan kecewa apabila yang mereka harapkan tidak sesuai dengan kenyataannya, sehingga mereka pun sehat secara mental.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implikasi; Mahabbah; Kesehatan; Mental; Kesehatan Mental; Tarekat; Naqsyabandiyah; Al-Falah I;
Subjects: Humankind > Love
Social Welfare, Problems and Services > Services of Mental Illness
Social Welfare, Problems and Services > Services of Mental Retardation
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Rizky Salvian Salvian
Date Deposited: 08 Oct 2019 07:34
Last Modified: 08 Oct 2019 07:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25004

Actions (login required)

View Item View Item