Karakterisasi dan uji sifat antibakteri komposit ZnO/SiO2

Putri, Septiani Adita (2019) Karakterisasi dan uji sifat antibakteri komposit ZnO/SiO2. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy

Abstract

Komposit ZnO/SiO2 diperoleh dari limbah baterai dan abu sekam padi yang disintesis berbagai variasi perbandingan mol komposit ZnO/SiO2 (1:1, 4:1, 8:1, 16:1 dan 1:4). ZnO diperoleh dari limbah baterai dengan metode presipitasi dan SiO2 diperoleh dari abu sekam padi dengan metode sol gel. Komposit ZnO/SiO2 yang dihasilkan diaplikasikan sebagai antibakteri karena kemampuannya untuk membentuk ROS (Reactive Oxygen Spesies). Kemampuan SiO2 sebagai penyedia tempat untuk ion Zn2+ yang akan memperluas permukaan komposit. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah mengidentifikasi struktur dan morfologi komposit ZnO/SiO2 dengan XRD dan SEM, menganalisis kemampuan komposit sebagai antibakteri pada bakteri gram negatif Esherichia coli dan bakteri gram positif Staphylococcus aureus dan menganalisis perbandingan daya hambatnya. Hasil XRD menunjukkan terbentuknya kristal ZnO yang berbentuk zincite dan kristal SiO2 yang terbentuk berupa cristobalite dan hasil SEM menunjukkan bahwa pada komposit ZnO/SiO2, partikel ZnO tersebar secara homogen pada matriks SiO2. Tersebarnya partikel ZnO ini akan memperluas permukaan pada komposit dan mempermudah proses antibakteri. Pengujian aktivitas antibakteri komposit ZnO/SiO2 ini menunjukkan adanya sensitifitas terhadap salah satu jenis bakteri yaitu pada Staphylococcus aureus. Daya hambat pertumbuhan Staphylococcus aureus lebih besar daripada Esherichia coli karena adanya perbedaan struktur dinding sel bakteri gram positif dan gram negatif. Hasil uji antibakteri paling optimum yaitu pada perbandingan komposit 4:1 dengan daya hambat sebesar 14,4 mm pada Esherichia coli dan 14,4 mm pada Staphylococcus aureus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komposit ZnO/SiO2; antibakteri; limbah baterai; abu sekam padi; Esherichia coli; Staphylococcus aureus.
Subjects: Inorganic Chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: Septiani Adita Putri
Date Deposited: 10 Oct 2019 07:07
Last Modified: 10 Oct 2019 07:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25043

Actions (login required)

View Item View Item