Pemberdayaan masyarakat melalui program corporate social responsibility PT HM Sampoerna Tbk: Penelitian di Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Muna, Fairuza Haekal (2019) Pemberdayaan masyarakat melalui program corporate social responsibility PT HM Sampoerna Tbk: Penelitian di Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari meningkatnya angka kemiskinan yang terjadi di Desa Cibiru Wetan. Kemiskinan ini terjadi akibat kurangnya perhatian masyarakat terhadap pentingnya pendidikan dan kesehatan. Kemudian pemerintah membentuk salah satu program untuk menanggulangi kemiskinan bernama program Corporate Social Responsibility (CSR). Program Corporate Social Responsibility sebagai salah satu upaya dalam memberdayakan masyarakat di Desa Cibiru Wetan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberdayaan masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility di Desa Cibiru Wetan, untuk mengetahui program Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap masyarakat dan untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat dalam pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui program Corporate Social Resonsibility di Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, metode ini mendeskripsikan pemberdayaan masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility PT. HM Sampoerna Tbk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi berupa foto-foto kegiatan selama penelitian, kemudian dianalisis dengan menggunakan teori yang dipakai dalam penelitian. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah Teori Struktural Fungsional yang digunakan oleh Talcott Parsons dengan menganalisis masalah menggunakan skema AGIL yang meliputi Adaptation, Goal attainment, Integration dan Latency. Hasil yang terlihat sangat menonjol dari sebelum adanya pemberdayaan melalui program Corporate Social Responsibility kondisi keadaan masyarakat yang memeprihatinkan dengan sulitnya mencari pekerjaan dan mendapatkan pendapatan yang kurang menentu, tetapi setelah adanya bantuan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan PT. HM Sampoerna Tbk. Dalam pemberdayaan masyarakat semakin meningkatnya pertumbuhan perekonomian serta masyarakat dapat berdaya aktif dan kreatif dalam mencari peluang untuk usaha dalam rangka meningkatkan kualitifitas hidup masyarakat Desa Cibiru Wetan. Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Corporate Social Responsibility (CSR)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Masyarakat; Corporate Social Responsibility;
Subjects: Social Process > Social Control
Political dan Government Science > Socialism
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: fairuza haekal muna
Date Deposited: 11 Nov 2019 07:27
Last Modified: 11 Nov 2019 07:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25048

Actions (login required)

View Item View Item