Manajemen pembelajaran berbasis Aplikasi Sony Sugema Digital Learning System (S2DLS) di SMA Alfa Centauri Bandung

Heryana, Heri (2019) Manajemen pembelajaran berbasis Aplikasi Sony Sugema Digital Learning System (S2DLS) di SMA Alfa Centauri Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Aplikasi Sony Sugema Digital Learning System (S2DLS) adalah sebuah aplikasi yang di buat oleh yayasan Taqwa Cerdas Kreatif dengan tujuan sebagai pendukung proses pembelajaran. Dengan adanya aplikasi ini para peserta didik menemukan cara belajar yang berbeda, mereka dapat belajar dimana saja dan kapan saja menggunakan laptop. Kurangnya pengelolaan membuat aplikasi Sony Sugema Digital Learning System (S2DLS) kurang berkembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana latar alamiah SMA Alfa Centauri Bandung, Bagaimana perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, evaluasi manajemen pembelajaran berbasis aplikasi S2DLS di SMA Alfa Centauri Bandung, faktor – faktor apa yang menunjang serta menghambat dan hasil dari penerapan manajemen pembelajaran berbasis aplikasi S2DLS di SMA Alfa Centauri Bandung. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui latar alamiah SMA Alfa Centauri Bandung, perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, evaluasi, faktor penunjang serta penghambat dan hasil dari penerapan manajemen pembelajaran berbasis aplikasi S2DLS di SMA Alfa Centauri Bandung. Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi atau menyalin. Selain itu digunakan teknik analisis data penelitian, dan teknik uji keabsahan data penelitian yang kemudian data tersebut disepakati oleh lembaga tempat penulis melakukan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) latar alamiah SMA Alfa Centauri Bandung memiliki letak geografis yang strategis dan mempunyai pendidik dan kependidikan yang berkualitas, 2) perencanaan dilakukan pada tahun 2010 dengan cara menganalisis kebutuhan, menentukan target, menentukan pimpinan dan menentukan tugas-tugas, 3) pengorganisasian manajemen pembelajaran berbasis aplikasi Sony Sugema Digital Learning System (S2DLS) melibatkan kepala sekolah, kurikulum, staf IT dan guru mata pelajaran, 4) kepemimpinan manajemen pembelajaran berbasis aplikasi Sony Sugema Digital Learning System (S2DLS) menggunakan model kepemimpinan demokratis, 5) evaluasi manajemen pembelajaran berbasis aplikasi Sony Sugema Digital Learning System (S2DLS) menggunakan evaluasi yang bersifat masukan dan saran, 6) faktor pendukung manajemen pembelajaran berbasis aplikasi S2DLS adalah faktor biaya yang cukup, sarana prasarana yang memadai dan faktor SDM yang mampu. Sementara faktor penghambatnya adalah waktu guru yang terbatas dalam membuat konten karena sibuknya melakukan pembelajaran dalam kelas dan kegiatan lainnya, 7) hasil dari penerapan manajemen pembelajaran berbasis aplikasi S2DLS dapat meningkatkan minat belajar peserta didik, lebih mudah untuk pendidik dalam mengembangkan pembelajaran dan sumber belajar lebih mudah diakses. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan untuk mempertahankan aspek baik dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran berbasis aplikasi S2DLS untuk kemajuan pembelajaran berbasis digital di SMA Alfa Centauri Bandung. ENGLISH : The Sony Sugema Digital Learning System (S2DLS) application is an application created by the Creative Taqwa Creative Foundation with the aim of supporting the learning process. With this application the students find a different way of learning, they can learn anywhere and anytime using a laptop. The lack of management makes the Sony Sugema Digital Learning System (S2DLS) application less developed. The formulation of the problem in this study are: What is the natural setting of Alfa Centauri Bandung High School, How is planning, organizing, leadership, evaluation of S2DLS application-based learning management in Alfa Centauri Bandung High School, what factors support and hinder and the results of the application-based learning management S2DLS at Alfa Centauri Bandung High School. The purpose of this study is to determine the natural setting of Alfa Centauri Bandung High School, planning, organizing, leadership, evaluation, supporting factors and obstacles and the results of the application of learning management based on S2DLS applications in Alfa Centauri High School Bandung. The research method used is descriptive-qualitative. Data collection techniques are done through interviews, observation, and study documentation or copying. In addition, research data analysis techniques are used, and research data validity testing techniques are then agreed upon by the institution where the author conducts research. The results showed that: 1) the natural setting of Alfa Centauri Bandung High School has a strategic geographical location and has qualified educators and education, 2) planning was carried out in 2010 by analyzing needs, determining targets, determining leaders and determining tasks, 3 ) organizing learning management application based on Sony Sugema Digital Learning System (S2DLS) involving school principals, curriculum, IT staff and subject teachers, 4) application management learning leadership based on Sony Sugema Digital Learning System (S2DLS) using democratic leadership models, 5) evaluation learning management application based on Sony Sugema Digital Learning System (S2DLS) uses evaluation that is input and suggestion, 6) supporting factors of S2DLS application-based learning management are sufficient cost factors, adequate infrastructure and capable HR factors. While the limiting factor is limited teacher time in creating content due to busy learning in class and other activities, 7) the results of applying S2DLS application-based learning management can increase student learning interest, it is easier for educators to develop learning and learning resources easier accessed. Based on the results of this study it is recommended to maintain good aspects in the implementation of S2DLS application-based learning management for the advancement of digital-based learning in Alfa Centauri High School Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen;Pembelajaran;Aplikasi
Subjects: Adult Education > Distance Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Heri Heryana
Date Deposited: 06 Feb 2020 03:49
Last Modified: 06 Feb 2020 03:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25070

Actions (login required)

View Item View Item