Peran peraturan pondok pesantren dalam merubah perilaku santri:Penelitian di Pondok Pesantren Baitul Arqom Al-Islami Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung

Nurwulandari, Mustika (2019) Peran peraturan pondok pesantren dalam merubah perilaku santri:Penelitian di Pondok Pesantren Baitul Arqom Al-Islami Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menjelaskan peran peraturan pondok pesantren, dimana pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang tumbuh serta diakui oleh masyarakat sekitar yang di dalamnya terdiri dari kyai, ustadz-ustadz, santri dan pengurus pondok pesantren yang hidup bersama dalam suatu asrama dan berdasarkan nilai-nilai agama Islam yang lengkap dengan aturan dan norma-norma yang sesuai dengan kebiasaan atau ciri khasnya masing-masing yang secara umum berbeda dengan masyarakat umum yang mengitarinya. Akan tetapi pada kenyataannya masih banyak yang melenceng dari nilai dan norma agama Islam. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yakni tentang mekanisme aturan, kegiatan para santri, serta hasil yang dicapai di pondok pesantren Baitul Arqom Al-Islami dalam merubah perilaku para santri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Struktural Fungsional Talcott Parsons sebab melihat peran peraturan pesantren dalam merubah perilaku santri di pondok pesantren Baitul Arqom Al-Islami Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung, yang identik dengan struktur serta fungsi yang ada. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif sedangkan teknik pengumpulan datanya; observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan metode deskriptif ini untuk melihat tentang mekanisme aturan, kegiatan-kegiatan serta hasil yang dicapai secara aspek sosiologisnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aturan-aturan yang dijalankan di pondok pesantren Baitul Arqom Al-Islami cukup berpengaruh secara sistematis dan mekanisme pendidikan dalam kegiatan-kegiatan pada para santri berjalan efektif dan sesuai tujuan Pondok Pesantren Baitul Arqom Al-Islami di Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peraturan;Perilaku Santri
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Mustika Nurwulandari
Date Deposited: 14 Oct 2019 07:34
Last Modified: 14 Oct 2019 07:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25092

Actions (login required)

View Item View Item