Pengaruh Non Performing Financing (NPF) pembiayaan Mudharabah dan pembiayaan Musyarakah terhadap profitabilitas Bank Syariah PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk.

Habsyah, Friladina Hafsary (2016) Pengaruh Non Performing Financing (NPF) pembiayaan Mudharabah dan pembiayaan Musyarakah terhadap profitabilitas Bank Syariah PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (839kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)

Abstract

Dalam rangka mengoptimalkan profitabilitasnya, bank akan berusaha meningkatkan pengumpulan dana dari sumber dana yang tersedia. Upaya peningkatan profitabilitas juga harus disertai dengan upaya peningkatan kualitas penyaluran aktifa produktif. Setiap investasi dalam aktiva produktif bank syariah dinilai kualitasnya berdasarkan pendekatan jaminan, pendekatan karakter, kemampuan pelunasan, kelayakan usaha dan pendekatan fungsi bank sebagai lembaga perantara keuangan. Pembiayaan adalah salah satu aktiva produktif Dominasi produk pembiayaan dengan pola jual-beli ini antara lain disebabkan risiko yang dihadapi bank syariah lebih kecil dibandingkan risiko pada skim pembiayaan bagi hasil seperti mudharabah dan musyarakah. Penelitian ini bertujuan Mengetahui seberapa besar pengaruh Non Performing Financing (NPF) pembiayaan mudharabah dan pembiayaan Musyarakah terhadap Profitabilitas pada PT. Syariah Mandiri periode 2010-2014. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis kuantitatif, yaitu untuk mendeskripsikan keadaan suatu gejala yang telah diketahui melalui alat ukur dan diolah sesuai fungsinya. Analisis yang digunakan melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan statistik untuk menguji hipotesisnya. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya variabel independen terhadap variabel dependen. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari dokumen Bank Syariah Mandiri.Alat Uji menggunakan adalah uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini secara parsial Non Performing Financing (NPF) Pembiayaan Mudharabah Terhadap Profitabilitas berpengaruh sebesar 0,785 %. Non Performing Financing (NPF) Pembiayaan Musyarakah Terhadap Profitabilitas berpengaruh sebesar 0,000%. Pengaruh secara simultan simultan antara Non Performing Financing(NPF) Pembiayaan Mudharabah Dan Pembiayaan Musyarakah Terhadap Profitabilitas berpengaruh 0,0793 atau 0,793%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Non Performing Financing (NPF) Pembiayaan Mudharabah; Non Performing Financing (NPF) Pembiayaan Musyarakah; Profitabilitas.
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 08 Oct 2019 08:05
Last Modified: 08 Oct 2019 08:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25103

Actions (login required)

View Item View Item