Rebranding sistem redaksi Scarf Media menjadi media digital

widiawanti, okta (2019) Rebranding sistem redaksi Scarf Media menjadi media digital. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy

Abstract

Media massa khususnya cetak tentu tidak luput dari sebuah sistem yang digunakan lembaga pers untuk membangun sebuah organisasi agar misi dari media tersebut berjalan sesuai struktur yang berlaku. Dengan adanya sebuah sistem maka dengan sendirinya lembaga pers yang terdiri dari berbagai komponen (pemimpin redaksi, wakil pemimpin redaksi, redaktur, redaktur pelaksana, tata letak, sirkulasi, newsroom, wartawan, tata usaha, dan lain sebagainya) akan terkontrol secara bijaksana dan menuntun pada kebijakan redaksi. Dalam sistem keredaksian yang mempunyai kekuasaan paling tinggi tentunya adalah pemimpin redaksi, tetapi hanya sebatas pada bidang keredaksiannya saja. Sama seperti media massa pada umumnya khususya media cetak, Majalah Scarf Media misalnya, mempunyai struktur manajemen yang menjadi acuan utama pernerbitan pers dalam menjalankan usahanya mulai dari keredaksian, bidang printing, sampai kepada bidang usaha, di mana ketiganya saling berkaitan satu sama lain. Namun di sini penulis ingin meneliti lebih kepada bagian keredaksian di mana selain menjadi ujung tombak dari sebuah manajemen juga sebagai tolak ukur dari sebuah penerbitan pers demi tercapainya visi dan misi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan sistem redaksi Scarf Media sebelum rebranding, sistem redaksi Scarf Media setelah rebranding melalui manajemen perusahaan, manajemen redaksi dan alur produksi. juga untuk mengetahui sistem redaksi Scarf Media setelah menjadi Media Digital. Penelitian ini didasarkan pada teori yang tentunya memiliki relevansi dengan ada yang dibahas dalam penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Manajemen Organisasi Media yang di dalamnya meliputi tujuan (purpose), anggota (people) dan rencana (plan). Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem redaksi scarf media sebelum rebranding menggunakan sistem lama yang condong mengacu pada struktural dan berjalan lamban, kaku dan tidak fleksibel, kemudian sistem redaksi scarf media setelah rebranding menjadikan flow lebih efektif, ringkas (tidak berbelit) dan koordinasi yang mudah. Sistem redaksi scarf media setelah menjadi media digital dapat berdampak positif untuk memberikan produk berita yang lebih kompetitif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: media masa;rebranding;media digital
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: okta widiawanti
Date Deposited: 09 Oct 2019 06:10
Last Modified: 09 Oct 2019 06:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25130

Actions (login required)

View Item View Item