Haerani, Syifa (2019) Pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis portofolio terhadap peningkatan pemecahan masalah matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen di Kelas VII MTs Negeri 5 Kuningan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
This is the latest version of this item.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (315kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (880kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dinilai masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) kualitas kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran BERBASIS PORTOFOLIO dan konvensional, (b) perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara menggunakan model pembelajaran berbasis Portofolio dan konvensional, (c) sikap siswa terhadap model pembelajaran berbais Portofolio. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di kelas VII MTs Negeri 5 Kuningan. Untuk pengambilan data, peneliti mengambil populasi seluruh siswa kelas VII. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, sehingga di dapat sampel kelas VII-A dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Portofolio dan VII-B dengan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian sebagai berikut : (a) kualitas kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Berbasis Portofolio termasuk kategori kurang dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional termasuk kategori jelek (b) berdasarkan uji hipotesis, terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran Berbasis Portofolio dan konvensional, (c) berdasarkan analisis data skala sikap siswa, sikap siswa terhadap model pembelajaran Berbasis Portofolio sebagian besar siswa memberikan respon positif, hal ini dilihat dari rata-rata sikap siswa yang lebih besar daripada sikap netral.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | portofolio; berbasis portofolio; |
Subjects: | Knowledge Knowledge > Research; Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Syifa Haerani |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 02:55 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 02:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25205 |
Available Versions of this Item
- Pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis portofolio terhadap peningkatan pemecahan masalah matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen di Kelas VII MTs Negeri 5 Kuningan. (deposited 10 Oct 2019 02:55) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |