Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap tingkat pendapatan bagi hasil Mudharabah.

Mutmainah, Agnes Maulani (2016) Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap tingkat pendapatan bagi hasil Mudharabah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2-Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (669kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pemikiran bahwa Financing to Deposit Ratio berpengaruh terhadap Tingkat Pendapatan Bagi HasilMudharabah di Bank Negara Indonesia Syariah. Hal tersebut semakin diperkuat dengan melihat data rasio keuangan Bank Negara Indonesia Syariah yang selalu fluktuatif yaitu Financing to Deposit Ratio yang diikuti berubahnya nilai Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian seberapa besar pengaruh Financing to Deposit Ratio terhadap Tingkat Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah pada Bank Negara Indonesia Syariah. Financing to Deposit Ratio (FDR) merupakan alat analisis yang digunakan untuk mengetahui perbandingan antara pembiayaan yang diberikan oleh bank dengan dana pihak ketiga yang berhasil dikerahkan oleh bank, seberapa besar pembiayaan yang diberikan kepada masyarakat atau nasabah bank harus mampu mengimbanginya dengan segera memenuhi kebutuhan akan penarikan kembali dana sewaktu-waktu oleh deposan. Sedangkan Tingkat Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah adalah suatu pendapatan yang diperoleh atau di dapat dari usaha dan diperjanjikan adanya pembagian hasil atas keuntungan yang akan didapat antara kedua belah pihak atau lebih. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis data keuangan yang dibuat dalam kurun waktu tiga tahun dari tahun 2013-2015. Metode penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan pertriwulan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear, korelasi dan koefisien determinasi. Pengujian hipotesis dilakukan untuk memastikan bahwa hasil analisis regresi layak diterima. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa Financing to Deposit Ratio (FDR) berpengaruh signifikan dan sangat positif terhadap Tingkat Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah. Hal ini dibuktikan melalui tahapan-tahapan analisa yang dilakukan dengan data PT. Bank BNI Syariah, Tbk. Salah satunya Uji t yang dilakukan dengan tingkat signifikansi 0,05 menunjukan perubahan variabel Tingkat Pendapatan bagi Hasil Mudharabah yang disebabkan Financing to Deposit ratio (FDR) sebesar 27,7% yang artinya presentase sumbangan pengaruh variabel Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Tingkat Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah sedangkan sisanya 72,3% dipengaruhi oleh factor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bank Negara Indonesia Syariah; Financing to Deposit Ratio; Tingkat Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 10 Oct 2019 02:55
Last Modified: 10 Oct 2019 02:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25218

Actions (login required)

View Item View Item