Pemanfaatan aplikasi tracker untuk meningkatkan kecakapan akademik peserta didik pada materi kesetimbangan dan dinamika rotasi: Penelitian pre-experimental di kelas XI IPA SMA IT Dipatiukur

Warda, Fitria Fatimatul (2019) Pemanfaatan aplikasi tracker untuk meningkatkan kecakapan akademik peserta didik pada materi kesetimbangan dan dinamika rotasi: Penelitian pre-experimental di kelas XI IPA SMA IT Dipatiukur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran abad 21 perlu dilaksanakan mengingat sekarang kita berada pada era revolusi industri 4.0 yang semua aspek kehidupan serba digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecakapan akademik serta respon peserta didik setelah dilaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi tracker. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian berjumlah 36 orang peserta didik. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain kecakapan akademik peserta didik diperoleh yaitu nilai n-gain 0.70 yang termasuk kedalam kategori sedang. Berdasarkan hasil paired sample t-test diperoleh thitung = 25.74 lebih besar dari ttabel = 2.032 (thitung > ttabel) dengan taraf signifikansi 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kecakapan akademik peserta didik setelah dilaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi video analysis tracker. Respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi tracker menunjukkan respon yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi tracker;kecakapan akademik peserta didik;kesetimbangan dan dinamika rotasi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Fitria Fatimatul Warda
Date Deposited: 11 Oct 2019 02:25
Last Modified: 11 Oct 2019 02:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25294

Actions (login required)

View Item View Item