Manajemen pembelajaran mata pelajaran IPS berbasis TIK dalam meningkatkan kompetensi lulusan Madrasah: Penelitian di MTs Informatika Miftahul Huda Bandung

Rizki, Ali (2019) Manajemen pembelajaran mata pelajaran IPS berbasis TIK dalam meningkatkan kompetensi lulusan Madrasah: Penelitian di MTs Informatika Miftahul Huda Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA Manajemen pembelajaran adalah kemampuan guru dalam mendayagunakan sumber daya yang ada, melalui kegiatan menciptakan dan mengembangkan kerja sama, sehingga diantara mereka tercipta pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan di kelas secara efektif dan efisien. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mengetahui pengaruh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada dunia pendidikan yang sangat besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan latar alamiah MTs Informatika Miftahul Huda Bandung, manajemen pembelajaran IPS berbasis TIK, faktor penghambat dan solusi manajemen pembelajaran IPS berbasis TIK dalam meningkatkan kompetensi lulusan madrasah, dan hasil manajemen pembelajaran IPS berbasis TIK berupa peningkatan kompetensi lulusan madrasah di MTs Informatika Miftahul Huda Bandung. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa untuk mencapai suatu tujuan peningkatan kompetensi lulusan madrasah yang efektif dan efisien perlu adanya manajemen pembelajaran IPS berbasis TIK yang baik agar terkelola secara sistematis melalui 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, dan 3) evaluasi. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni menggambarkan dan mengungkapkan fakta yang ada, kemudian dijelaskan secara deskriptif dengan kata-kata atau uraian dan menggunakan metode deskriptif, yakni metode yang bertujuan untuk mendeskripsikan masalah yang sedang terjadi atau berlangsung secara rinci apa adanya. Teknik yang dipakai dalam pengumpulan data yaitu observasi partisipasi, wawancara dan menyalin dokumen. Adapun tahapan langkah analisis yang dilakukan yaitu inventarisasi/unitisasi data, klasifikasi/kategorisasi data dan penafsiran/analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam merencanakan pembelajaran IPS berbasis TIK di MTs Informatika Miftahul Huda Bandung, guru menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis TIK mencakup tiga aspek yaitu kegiatan pendahuluan, pelaksanaan pembelajaran dan kegiatan penutup. Evaluasi pembelajaran IPS berbasis TIK meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Hasil manajemen pembelajaran IPS berbasis TIK dalam meningkatkan kompetensi lulusan madrasah di MTs Informatika Miftahul Huda Bandung bisa terlihat pada tiga aspek yaitu ketercapaian target pembelajaran, prestasi peserta didik dan sebaran alumni. ENGLISH Learning management is the ability of teachers to utilize existing resources, through the activities of creating and developing cooperation, so that among them created learning to achieve educational goals in the classroom effectively and efficiently. Therefore, it is important for teachers to know the influence of the development of information and communication technology in the world of education which is very large. This study aims to determine and describe the natural setting of MTs Informatics Miftahul Huda Bandung, ICT-based social learning management, inhibiting factors and ICT-based IPS learning management solutions in increasing the competence of madrasah graduates, and the results of ICT-based social studies learning management in the form of increasing the competency of madrasah graduates in MTs Miftahul Huda Informatics Bandung. This research is based on the idea that in order to achieve an objective to increase the competence of effective and efficient madrasah graduates, it is necessary to have good ICT-based social learning management in order to be systematically managed through 1) planning, 2) implementation, and 3) evaluation. In this study using a qualitative approach, namely describing and revealing existing facts, then explained descriptively with words or descriptions and using descriptive methods, methods that aim to describe the problem that is happening or progresses in detail as it is. The techniques used in data collection are participatory observation, interviews and copying documents. The stages of the analysis steps are data inventory / unitization, data classification / categorization and data interpretation / analysis. The results showed that in planning ICT-based social studies learning at MTs Informatika Miftahul Huda Bandung, the teacher prepared a lesson plan (RPP). The implementation of ICT-based social studies learning includes three aspects, namely preliminary activities, implementation of learning and closing activities. Evaluation of ICT-based social studies includes attitude assessment, knowledge assessment and skills assessment. The results of ICT-based social studies learning management in increasing the competence of madrasah graduates at MTs Miftahul Huda Bandung can be seen in three aspects namely the achievement of learning targets, student achievement and the distribution of alumni.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Pembelajaran; TIK;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ali rizki
Date Deposited: 23 Oct 2019 01:36
Last Modified: 23 Oct 2019 01:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25384

Actions (login required)

View Item View Item