“Model Project Based Learning terintegrasi Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa”

Lathifah, Nuraida (2019) “Model Project Based Learning terintegrasi Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa”. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf - Cover Image

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (942kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif siswa sangat dibutuhkan di abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif dengan model PjBL terintegrasi STEM. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah preeksperimental dengan desain one-group pretest-postest. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X-IPA di sekolah menengah atas sebanyak 27 siswa. Sampel tersebut diperoleh dengan menggunakan sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) keterlaksanaan model PjBL terintegrasi STEM menunjukan keterlaksanaan dengan kategori sangat baik. 2) kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukkan kategori sedang dengan nilai n-gain sebesar 0,47. 3) Penilaian kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan interpretasi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) menunjukan siswa berada pada tingkat tiga berkategori kreatif, dan 4) Kendala terbesar.yang ditemukan pada siswa adalah manajemen waktu dan manajemen kelompok. Diskusi kelompok dengan pembuatan produk membantu siswa berpikir kreatif selama proses pembelajaran dengan PjBL terintegrasi STEM.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning; Science Technology Engineering and Mathematics (STEM); pencemaran lingkungan; kemampuan berpikir kreatif siswa;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nuraida Lathifah Heni
Date Deposited: 15 Oct 2019 01:17
Last Modified: 15 Oct 2019 01:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25491

Actions (login required)

View Item View Item