Mawardianti, Mila (2019) Analisis naratif film dengan berita Arie Hanggara : Studi komparasi teori Tzvetan Todorov. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (332kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
Abstract
Film sebagai media massa dianggap sebagai media yang paling ampuh untuk menyampaikan pesan kepada khalayaknya. Baik film yang diangkat dari kisah nyata maupun film dari kisah fiktif. Namun anomali khalayak pada film yang diangkat dari kisah nyata masih buram, apakah nyata sama persis dengan apa yang ada dalam pemberitaan atau hanya rekayasa permainan gambar untuk menghadirkan suasana. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hubungan atau porsi kisah nyata dalam film berdasarkan pada pemberitaan Majalah Tempo edisi November – Desember 1984. Mulai dari alur awal, alur tengah hingga alur akhir film Arie Hanggara dan membandingkannya dengan pemberitaan yang ada di Majalah Tempo edisi November – Desember 1984. Peneliti menggunakan teori analisis naratif Tzvetan Todorov karena kajian dari analisis naratif itu sendiri berupa narasi dari cerita lisan, cerita tertulis atau hasil observasi atau pengamatan yang direkonstruksi kembali menjadi sebuah rangkaian cerita-cerita. Narasi itu sendiri mempunyai unsur awal hingga akhir yang dimulai dengan adanya keseimbangan, mulai terganggunya keseimbangan oleh kekuatan jahat atau adanya gangguan dan diselesaikan dengan upaya pengadaan keseimbangan kembali. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif dengan pendekatan secara psikologis. Berarti memandang realitas sosial sebagai suatu yang dinamis, berproses dan penuh dengan makna subjektif untuk menggali bagaimana pemberitaan dan film dapat mempengaruhi jiwa dan tingkah laku hidup individu dalam kehidupannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar cerita yang disajikan dalam film Arie Hanggara itu tidak bertolak belakang dengan pemberitaan yang ada. Secara Narasi, alur awal dimulai dengan penyebab cerainya Tino dan Dahlia hingga bersatunya Tino dan Santi, adanya kekerasan dengan alasan mendidik dan mendisiplinkan. Alur tengah menarasikan keseharian Arie dengan hukuman fisik dan non-fisik dari Tino dan Santi, juga terungkapnya kematian Arie dalam rekonstruksi dan persidangan. Dan alur akhir dihukumnya Tino dan Santi dengan vonis yang lebih ringan dari tuntutan JPU.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | AnalisiS Naratif; Film; Arie Hanggara |
Subjects: | Public Performances > Motion Pictures, Movies Public Performances > Movie Actor and Actress Public Performances > Filmscripts Public Performances > Film Reviews |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Mila ML Mawardianti |
Date Deposited: | 15 Oct 2019 08:48 |
Last Modified: | 15 Oct 2019 08:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25525 |
Actions (login required)
View Item |