Rohmadini, Didin (2019) Implementasi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru: Studi kasus di SMPN 1 dan SMPN 2 Cibeber Kabupaten Cianjur. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (366kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
Abstract
Supervisi akademik kepala sekolah merupakan salah satu program penting yang harus dilaksanakan oleh kepala sekolah salah satunya untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam mengajar. Peningkatan profesionalisme guru merupakan suatu keharusan bagi lembaga pendidikan yang ingin tetap survive sepanjang masa, karena guru dalam lembaga pendidikan merupakan kunci utama keberhasilan proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujauan untuk mengetahui: (1) Perencanaan supervisi akademik kepala sekolah di SMPN 1 dan SMPN 2 Cibeber Kabupaten Cianjur (2) Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah di SMPN 1 dan SMPN 2 Cibeber Kabupaten Cianjur (3) Tindak lanjut supervisi akademik kepala sekolah di SMPN 1 dan SMPN 2 Cibeber Kabupaten Cianjur (4) Kendala dalam pelaksanaan Supervisi akademik kepala sekolah di SMPN 1 dan SMPN 2 Cibeber Kabupaten Cianjur (5) Efektifitas supervisi akademik kepala sekolah di SMPN 1 dan SMPN 2 Cibeber Kabupaten Cianjur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang mencakup empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian dari pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah SMPN 1 dan SMPN 2 Cibeber Kabupaten Cianjur menunjukan bahwa: (1) Perencanaan supervisi akademik kepala SMPN 1 dan SMPN 2 Cibeber yaitu mengklasifikasi komponen supervisi, membuat instrument supervisi dan jadwal supervisi. Terdapat sedikit perbedaan yaitu dalam perencanaan kepala SMPN 1 Cibeber tidak ada pendelegasian supervisi sedangkan kepala SMPN 2 Cibeber melakukan pendelegasian supervisi. (2) Pelaksanaan supervisi akademik kepala SMPN 1 dan SMPN 2 Cibeber yaitu kepala sekolah SMPN 1 Cibeber mengunakan teknik supervisi perseorangan, sedangkan SMPN 2 Cibeber menggunakan teknik perseorangan dan kelompok dalam pelaksanaannya. (3) Tindak Lanjut kepala SMPN 1 Cibeber melaksanakan beberapa tindak lanjut, yaitu supervisor melakukan pemanggilan secara Individu dan memberikan evaluasi, mengadakan pelatihan di sekolah, sharing dengan guru yang lebih mengerti dan Sharing dengan anggota MGMP masing-masing. Sedangkan tindak lanjut yang dilakukan SMPN 2 Cibeber yaitu, supervisor menyampaikan hasil supervisi dan memberikan evaluasi langsung secara individu serta kepala sekolah mengadakan rapat dan diskusi hasil supervisi dengan guru. (4) Kendala dalam pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah SMPN 1 Cibeber yaitu, Waktu pelaksanaan supervisi akademik yang berubah-ubah dan Guru senior merasa belum siap untuk melakukan supervisi. Sedangkan kendala pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah di SMPN 2 Cibeber yaitu, Kompleksitas tugas manajerial kepala sekolah, Kurangnya persiapan guru yang disupervisi dan Pelaksanaan supervisi akademik yang tidak sesuai dengan jadwal. (5) Adapun efektifitas hasil supervisi akademik kepala sekolah SMPN 1 dan SMPN 2 sama saja yaitu guru menjadi lebih tertib administrasi, proses pembelajaran lebih menarik dan efektif, guru termotivasi untuk terus belajar memperbaiki diri dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi; Supervisi Akademik; Kepala Sekolah; Profesionalisme Guru; |
Subjects: | Education > Organization of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Didin Rohmadini |
Date Deposited: | 30 Oct 2019 08:09 |
Last Modified: | 30 Oct 2019 08:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25548 |
Actions (login required)
View Item |