Layanan bimbingan karir dalam meningkatkan kematangan karir siswa kelas XII: Penelitian di MA YAPATA Al-Jawami Komplek Pesantren Al-Jawami Sindangsari No.99 Cileunyi Wetan Kab.Bandung

Maspuroh, Siti (2019) Layanan bimbingan karir dalam meningkatkan kematangan karir siswa kelas XII: Penelitian di MA YAPATA Al-Jawami Komplek Pesantren Al-Jawami Sindangsari No.99 Cileunyi Wetan Kab.Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

Latarbelakang penelitian ini adalah usia remaja di Madrasah Aliyah yang merupakan proses mematangkan karir dalam perencanaan karir hidupnya. Masa remaja marupakan fase kehidupan yang sangat penting dalam siklus perkembangan individu, karena mengarah pada masa dewasa, masa ini menunjukan dengan jelas sifat-sifat masa transisi dari status kanak-kanak menuju dewasa. Hal ini sejalan dengan salah satu tugas perkembangan dari remaja itu sendiri yaitu memilih, mempersiapkan serta merencanakan karir dimasa depan. Oleh karena itu, remaja diharapkan mampu untuk memahami potensi diri serta menguasai keterampilan keterampilan karir untuk menjawab kebutuhan yang ingin dicapai dalam hidupnya. Bimbingan dan konseling merupakan bagian integral dari pendidikan yang secara sadar memposisikan kemampuan siswa untuk mengeksplorasi, memilih, merencanakan dan mengambil keputusan untuk meraih masa depannya. Bimbingan konseling sebagai lembaga pendidikan merupakan salah satu bentuk upaya dalam mendampingi dan membantu arah karir siswa sehingga kematangan karir siswa sesuai dengan potensi diri yang dimilikinya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan karir dalam meningkatkan kematangan karir siswa kelas XII, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dan untuk mengetahui hasil dari bimbingan karir dalam meningkatkan kematangan karir siswa kelas XII MA Al-Jawami Cileunyi Wetan Kab.Bandung. Penelitian ini bersifat Deskriptif kualitatif, yaitu dengan menggunakan metode wawancara,observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan konseling dan siswa kelas XII MA Al-Jawami berjumlah 75 orang dan yang dijadikan sampel 15 orang. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan pertama, pelaksanaan bimbingan karir dalam meningkatkan kematangan karir siswa kelas XII MA Al-Jawami diawali dengan tahap persiapan bimbingan meliputi mempersiapkan ruangan dan media bimbingan, kemudian tahap pelaksanaan meliputi waktu,materi metode yang digunakan pada saat bimbingan karir yang dilaksanakan didalam kelas maupun diruang bimbingan konseling. Kedua yaitu faktor pendukung dan penghambat bimbingan karir dalam meningkatkan kematangan karir siswa adalah adanya dukungan dari semua pihak meliputi kepala sekolah, dewan guru dan adanya sosialisasi dari mahasiswa-mahasiswa negeri maupun swasta menjelang ataupun sebelum ujian nasional.fasilitas yang kurang memadai menjadi penghambat bimbingan karir dalam meningkatkan kematangan karir siswa. Ketiga, hasil dari bimbingan karir dalam meningkatkan kematangan karir siswa adalah siswa mampu merencanakan, mengambil keputusan karir secara matang sesuai dengan minat,bakat serta kemampuan yang dimiliki siswa, dan mampu mempersiapkan diri dalam menghadapi karir yang dipilihnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karir;Kematangan Karir
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Siti Maspuroh
Date Deposited: 16 Oct 2019 06:37
Last Modified: 16 Oct 2019 06:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25555

Actions (login required)

View Item View Item