Simulasi dan perhitungan numerik bandul tiga dimensi (3D) menggunakan Open Source Library dan Runge-Kutta Orde 4

Putra, Andhika Pangestu (2019) Simulasi dan perhitungan numerik bandul tiga dimensi (3D) menggunakan Open Source Library dan Runge-Kutta Orde 4. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy

Abstract

Simulasi dan Perhitungan Numerik Bandul Tiga Dimensi (3D) Menggunakan Open Source Library dan Runge-Kutta Orde 4 (RK4) telah berhasil dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat simulasi bandul 3D, membuat perhitungan numerik bandul 3D dan membandingkan hasil simulasi 3D dengan perhitungan numerik. Simulasi ini menggunakan Open Source Library API OpenGL dan physics library ODE. Pada perhitungan numerik RK4 menggunakan parameter awal (θ,ω,ϕ,Φ) dan persamaan gerak bandul 3D yang diubah ke persamaan iterasi RK4. Hasil dari simulasi 3D dan perhitungan numerik tersebut kemudian dibuat kedalam grafik. Setelah dibuat ke dalam bentuk grafik kemudian dibandingkan hasilnya sehingga didapat hasil simulasi bandul sederhana yang mirip dengan hasil numeriknya, namun hasil yang berbeda antara hasil simulasi bandul 3D dengan hasil numeriknya. Ini dikarenakan besaran fisis pada simulasi tidak merepresentasikan besaran fisis yang akurat sehingga perlu dikalibrasi dengan besaran fisis pada perhitungan numerik. Oleh karena itu perbandingan antara hasil simulasi dengan hasil numerik hanya terbatas pada posisi bandul pada bidang koordinat kartesian x-z.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bandul 3D;OpenGL;ODE;RK4
Subjects: Systems > Computer Modeling and Simulation
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Fisika
Depositing User: Andhika Pangestu Putra
Date Deposited: 21 Oct 2019 03:04
Last Modified: 21 Oct 2019 03:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25558

Actions (login required)

View Item View Item