Wana, Hagie (2019) Fungsi humas pemerintah dalam memberikan kepastian informasi penyelenggaraan ibadah haji dan umrah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (363kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
Abstract
Provinsi Jawa Barat adalah provinsi dengan kuota haji terbesar di Indonesia. Populasi muslim yang besar di Jawa Barat juga menjadi peluang bagi banyak pihak untuk membuka usaha biro perjalanan haji dan umrah. Kementerian Agama sebagai otoritas yang mengatur penyelenggaraan ibadah haji dan umrah memiliki sejumlah catatan penting dalam pengelolaan haji dan umrah, diantaranya banyaknya calon jamaah haji pemula yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman, dinamika regulasi kententuan haji dan umrah yang sewaktu-waktu dapat berubah, dan sejumlah masalah lainnya yang harus diatasi oleh Pemerintah dengan memberikan akses informasi yang luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat menjalankan fungsi kehumasannya dalam memberikan informasi haji dan umrah melalui berbagai media, baik media massa, media daring, media baru, ataupun secara langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu menguraikan sebuah situasi atau peristiwa dan memberikan gambaran secara mendalam. Tujuan metode ini adalah untuk mengumpulkan informasi secara aktual, untuk menggambarkan gejala yang ada, mengidentifikasi masalah atau memeriksa kondisi yang berlaku, dan menentukan apa yang harus dilakukan dalam menghadapi masalah yang sama di waktu mendatang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kantor Wilayah Kementerian Agama menjalankan fungsi kehumasannya dengan memberikan pelayanan informasi penyelenggaraan informasi haji dan umrah melalui berbagi media. Media yang dimanfaatkan sebagai saluran informasi yaitu (1) media massa melalui majalah internal, surat kabar, dan televisi, (2) media daring melalui website resmi dan akun media sosial, dan aplikasi khusus, (3) secara langsung melalui forum dialog terbuka, Pusat Informasi Haji, dan alat peraga yang dipajang di kantor.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fungsi Humas; Humas Pemerintah; Informasi Haji dan Umrah |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Communications Telemunications |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Hagie Hagie Wana |
Date Deposited: | 16 Oct 2019 06:24 |
Last Modified: | 16 Oct 2019 06:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25563 |
Actions (login required)
View Item |