Rahayu, Siti Nopi (2019) Pengembangan Multimedia Based Integrated Instructions (MBI2) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi usaha dan energi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (667kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (891kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan pemecahan masalah merupakan keterampilan yang harus dimiliki untuk menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Multimedia Based Integrated Instructions (MBI2), keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan dan perbedaan keterampilan pemecahan masalah peserta didik antara pembelajaran menggunakan MBI2 dan pembelajaran berbantu powerpoint pada materi usaha dan energi. Metode penelitian menggunakan pendekatan ADDIE yaitu Analysis meliputi analisis kurikulum, lapangan, dan penelitian terdahulu. Design mengenai rancangan instrumen dan MBI2. Devolepment merupakan proses pembuatan MBI2 dan uji validasi. Implementation sebagai penggunaan MBI2 oleh peserta didik kelas X SMAN 1 Cikijing, yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 35 orang. Evaluation berisi tentang hasil uji lapangan seperti Lembar Validasi, Lembar Observasi (LO), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dan tes keterampilan pemecahan masalah. Hasil penelitian ahli menunjukan kelayakan sebesar 89% terkategori sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen (MBI2) pada aktivitas guru 86% terkategori sangat baik dan peserta didik 84% terkategori baik, sedangkan kelas kontol (PPT) pada aktivitas guru 81% dan aktivitas peserta didik 80% dengan kategori baik. Rata rata N-Gain pada kelas eksperimen 0,64 dan kelas kontrol 0,48 terkategori sedang. Hasil uji t diperoleh t_hitung=2,849 > t_tabel=1,995, sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan pemecahan masalah antara peserta didik pembelajaran menggunakan MBI2 dan pembelajaran berbantu PPT pada materi usaha dan energi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Based integrated Instructions (MBI2); Pembelajaran Berbantu PPT; Keterampilan Pemecahan Masalah; Usaha dan Energi |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Siti Nopi Rahayu |
Date Deposited: | 16 Oct 2019 06:05 |
Last Modified: | 16 Oct 2019 06:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25565 |
Actions (login required)
View Item |