Oktaviani, Betty (2019) Pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pengembangan media pembelajaran KODIMAT (Komik Digital Matematika). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover[1].pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (816kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (802kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari Thiagarajan (1974). Adapun tahapan yang dilalui peneliti yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan) yang bertujuan untuk mengembangkan suatu media pembelajaran berupa KODIMAT (komik digital matematika) yang dapat mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa. Media yang dikembangkan diuji kelayakannya oleh para ahli kemudian diuji cobakan kepada kelas skala kecil dan kelas skala besar. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan lembar penilaian para ahli, tes berupa soal uraian, angket praktikalitas dan skala sikap. Penelitian pengembangan ini menghasilkan suatu media KODIMAT (komik digital matematika) yang layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Adapun penilaian lembar validasi oleh ahli media memperoleh persentase akhir 94% dan penilaian validasi oleh ahli materi memperoleh persentase akhir 80% dengan kriteria valid. Kepraktisan media pembelajaran KODIMAT (komik digital matematika) memperoleh persentase akhir 80% dengan kriteria praktis dan keefektifan media juga memperoleh persentase akhir 80% dengan kriteria sangat efektif. Pencapaian komunikasi matematis yang diperoleh siswa setelah menggunakan KODIMAT (komik digital matematika) pada pembelajaran memperoleh persentase sebesar 70% dengan kategori sangat tinggi. Selain itu, siswa menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran matematika sebesar 79%, penggunaan media KODIMAT sebesar 79% dan sikap positif terhadap soal-soal komunikasi matematis sebesar 80%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; KODIMAT; Komunikasi Matematis |
Subjects: | Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Betty Oktaviani |
Date Deposited: | 16 Oct 2019 06:15 |
Last Modified: | 16 Oct 2019 06:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25599 |
Actions (login required)
View Item |