Pengaruh zikir Tarekat Naqsyabandiyah terhadap perilaku tawakal: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Al-Quran Al-Falah 1 Cicalengka, Bandung

Rahayu, Ayu Mesta (2019) Pengaruh zikir Tarekat Naqsyabandiyah terhadap perilaku tawakal: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Al-Quran Al-Falah 1 Cicalengka, Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya krisis spiritual yang terjadi pada era modern ini, yang disebabkan karena kebutuhan makna yang tidak terpenuhi. Maka dari itu untuk menghilangkan krisis spiritual tersebut dibutuhkan kecerdasan spiritual. Salah satu bentuk kecerdasan spiritual yang menjadi penelitian ini adalah perilaku tawakal. Perilaku tawakal ini dihubungkan dengan salah satu indikator kecerdasaan spritual yakni zikir. Zikir dalam penelitian ini merupakn zikir Tarekat Naqsyabandiyah. Zikir ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah 1 Cicalengka, Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh zikir Tarekat Naqsyabandiyah terhadap perilaku tawakal. Metodepenelitian yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan metode statistik deskriptif. Statistik deskriptif adalah statistik yang digunakan untuk menganalisa data dengancara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu observasi, angket, dan wawancara. Sedangkan untuk teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi dan uji regresi dengan menggunakan SPSS versi 24. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa zikir Tarekat Naqsyabandiyah memiliki korelasi dengan perilaku tawakal. Hal ini terbukti dengan dilakukannya uji korelasi dengan menggunakan SPSS versi 24 dengan hasil sebagai koefisien korelasi antara zikir Tarekat Naqsyabandiyah dengan perilaku tawakal adalah 0,615 yang artinya korelasi antara zikir Tarekat Naqsyabandiyah dengan perilaku tawakal berada pada korelasi kuat. Lalu dalam hasil uji regresi di dapat nilai R Square sebesar 0,370 memiliki arti sama dengan 37% yang artinya pengaruh zikir Tarekat Naqsyabandiyah terhadap perilaku tawakal terhadap adalah sebesar 37%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Zikir Tarekat Naqsyabandiyah; Perilaku Tawakal; Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Falah 1
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ayu Mesta Rahayu
Date Deposited: 16 Oct 2019 08:23
Last Modified: 16 Oct 2019 08:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25615

Actions (login required)

View Item View Item