Manajemen kelas dalam peningkatan efektifitas pembelajaran penelitian di MTs Miftahul Huda Al-Barkah

Pangestu, Irfan (2019) Manajemen kelas dalam peningkatan efektifitas pembelajaran penelitian di MTs Miftahul Huda Al-Barkah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA Madrasah Tsanawiah sebagai lembaga pendidikan islam jenjeng menengah membutuhkan manajemen kelas yang baik guna menciptakan proses pembelajaran yang efeltif. MTS Miftahul Huda Al-Barkah Kabupaten Bogor sebagai lembaga pendidikan jenjang pertama membutuhkan manajemen kelas agar mampu memberikan pelayanan yang berkualitas. MTS Miftahul Huda Al-Barkah Kabupaten Bogor adalah sekolah yang memiliki keunggulan dalam pengelolaan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan latar alamiah, perencanaan kelas, pengorganisasian kelas, pengevaluasian kelas, factor pendukung penghambat dan dampak manajemen kelas MTS Miftahul Huda Al-Barkah Kabupaten Bogor. Manajemen Kelas adalah suatu pengelolaan kegiatan kelas yang dilakukan secara sadar dan sistematis untuk mempertahankan dan menciptakan suasana kondusif dalam mewujudkan efektivitas pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, studi dokumentasi dan menyalin. Sedangkan dalam menganalisis data yang digunakan adalah penafsiran deskriptif semata-mata dan uji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, pemeriksaan sejawat, bahan referensi, membercheck, uraaian rinci, audit kebergantungan, audit kepastian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Manajemen Kelas di MTS Miftahul Huda Al-Barkah Kabupaten Bogor memiliki pengelolaan kelas yang terencana dengan kemampuan guru yang berkualitas. Perencanaan kelas MTS Miftahul Huda Al-Barkah Kabupaten Bogor lebih menekankan pendekatan emosional yang dalam pelaksanaan kelasnya guru memposisikan diri sebagai fasilitator peserta didik dan pengendalian kelas dilakukan dengan bekerjasama oleh wali kelas sebagai penenggung jawab kelas. Tentu untuk mencapai keberhasilan manajemen kelas terdapat strategi yang dilakukan diantaranya strategi pembelajaran dan strategi peningkatan profesionalitas guru MTS Miftahul Huda Al-Barkah Kabupaten Bogor, sesuai dengan tujuan yang diharapkan oleh madrasah. ENGLISH Madrasah Tsanawiyah as a mid-level Islamic education institution requires good class management to create an efficient learning process. MTS Miftahul Huda Al-Barkah Bogor Regency as the first level educational institution requires classroom management in order to be able to provide quality services. MTS Miftahul Huda Al-Barkah Bogor Regency is a school that has advantages in class management. The purpose of this study was to describe the natural setting, class planning, class organization, class evaluation, inhibiting supporting factors and the impact of the management of the MTS class at Miftahul Huda Al-Barkah, Bogor Regency. Class Management is a management of classroom activities carried out consciously and systematically to maintain and create a conducive atmosphere in realizing the effectiveness of learning. The method used in this study is a qualitative descriptive method. Data collection techniques are carried out by interview, observation, documentation and copying techniques. Whereas in analyzing the data used is descriptive interpretation solely and the validity test of the data is done by extension of participation, triangulation, peer examination, reference material, member checks, detailed comments, dependency audits, certainty audits. The results of this study indicate that Class Management in MTS Miftahul Huda Al-Barkah, Bogor Regency has planned classroom management with the ability of qualified teachers. The Miftahul Huda Al-Barkah MTS class planning in Bogor Regency emphasizes an emotional approach which in the classroom implementation the teacher positions himself as a facilitator of students and class control is done by cooperating with the homeroom teacher as the class responsible. Of course, to achieve the success of class management there is a strategy carried out including a learning strategy and a strategy to increase the professionalism of Miftahul Huda Al-Barkah MTS teachers in Bogor Regency, according to the goals expected by the madrasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: MTS Miftahul Huda Al-Barkah; Manajemen Kelas;
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: irfan pangestu
Date Deposited: 21 Oct 2019 03:57
Last Modified: 21 Oct 2019 03:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25617

Actions (login required)

View Item View Item