Pemberdayaan masyarakat melalui Kampung Sabilulungan Bersih (SABER) dalam mewujudkan pelestarian lingkungan. :Studi deskiptif di Desa Nagrok Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung

Nadiyah, Siti (2019) Pemberdayaan masyarakat melalui Kampung Sabilulungan Bersih (SABER) dalam mewujudkan pelestarian lingkungan. :Studi deskiptif di Desa Nagrok Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy

Abstract

Lingkungan hidup merupakan salah satu perhatian utama saat ini oleh berbagai pihak. Hal ini karena semakin banyak permasalahan lingkungan yang disebabkan oleh rendahnya kepedulian dan kesadaran terhadap lingkungan. Sepertihalnya masyarakat di kampung Cibiru Desa Nagrog, masih membuang sampah sembarangan yang mengakibatkan tumpukan sampah dimana-mana, terdapat lahan-lahan kosong yang tidak di kelola, dan kurangnya tegakan-tegakan tanaman keras (pohon). Untuk dapat mengatasi permasalahan lingkungan ini sangatlah dibutuhkan pemberdayaan masyarakat di bidang lingkungan, diantaranya terdapat perogram kampung sabilulungan bersih (SABER) yaitu kegiatan pelestaraian lingkungan berbasis masyarakat yang melibatkan seluruh elemen untuk ikut berpartisipasi dalam menjalankan program agar bejalan dengan baik dan dapat mengurangi permasalahan lingkungan yang ada di kampung Cibiru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pengkondisian pemberdayaan masyarakat, upaya pelaksanaan program kampung sabilulungan bersih dan hasil dari pemberdayaan program kampung sabilulungan bersih (saber) dalam mewujudkan pelestarian lingkungan di Desa Nagrog. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan kerangka pemikiran tentang teori pemberdayaan menurut Eddy Ch. Papilaya (2001), menurutnya pemberdayaan adalah upaya untuk membangun kemampuan masyarakat, dengan mendorong, memotivasi, membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimiliki dan berupaya untuk mengembangkan potensi itu menjadi nyata (dalam Zubaedi, 2016:24). Metode penelitian yang di gunakan adalah metode kualitatif dengan penelitian secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi pustaka. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu melalui tiga tahapan diantaranya reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, proses pengkondisian pemberdayaan program Kampung Sabilulungan Bersih di Desa Nagrog dilaksanakan secara partisipatif dengan mengajak masyarakat untuk bersama-sama memahami, mengenal potensi dan permasalahan lingkungan yang terdapat di sekitar masyarakat. Kedua, Upaya pelaksanaan program Kampung Sabilulungan Bersih dalam mewujudkan pelestarian lingkungan yaitu dengan melaksanakan kegiatan ahad bersih, pengelolaan sampah pilah-pilih dan bank sampah, pembuatan lubang cerdas organik, kawasan rumah pangan lestari dan penanaman pohon di kawasan satapok. Ketiga, hasil dari Program Kampung Sabilulungan Bersih yaitu kondisi lingkungan hidup di Kampung Cibiru mengalami peningkatan, masyarakat menjadi mandiri dan sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Program Sabililungan Bersih; dan Pelestarian Lingkungan
Subjects: Communities > Villages
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Diyah Siti Nadiyah
Date Deposited: 21 Oct 2019 03:16
Last Modified: 21 Oct 2019 03:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25625

Actions (login required)

View Item View Item