Penerapan Dual-Situated Learning Model (DSLM) berbantuan simulasi komputer untuk perubahan konseptual peserta didik pada materi usaha dan energi

Nurhayati, Sri Rizki (2019) Penerapan Dual-Situated Learning Model (DSLM) berbantuan simulasi komputer untuk perubahan konseptual peserta didik pada materi usaha dan energi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy

Abstract

Perubahan konseptual merupakan proses pengubahan konsepsi peserta didik dari konsepsi yang tidak ilmiah menjadi ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran Dual-Situated Learning Model (DSLM) dan Conceptual Change Model (CCM) dengan bantuan simulasi komputer, perubahan konseptual peserta didik dengan menggunakan Dual-Situated Learning Model (DSLM) dan Conceptual Change Model (CCM), serta perbedaan perubahan konseptual antara peserta didik yang belajar dengan Dual-Situated Learning Model (DSLM) dan Conceptual Change Model (CCM) pada materi usaha dan energi. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen, dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 1 Jalancagak, dengan sampel kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3 yang masing-masing berjumlah 36 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Lembar Observasi (LO), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dan tes berbentuk four-tier test. Teknik analisis menggunakan perhitungan persentase skor LO dan LKPD, N-gain serta uji t independent sample test. Hasil penelitian menunjukan persentase keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen untuk kegiatan guru 88% dan peserta didik 86% dengan kategori sangat baik, sedangkan kelas kontrol untuk kegiatan guru 86% dengan kategori sangat baik dan kegiatan peserta didik 82% dengan kategori baik. Rata-rata N-gain mengalami peningkatan yaitu pada kelas eksperimen 0,58 dan kelas kontrol 0,49 dengan kategori sedang. Hasil uji t diperoleh" " "t" _"hitung" "=2,01" > "t" _"tabel" "=1,99" , sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan perubahan konseptual peserta didik yang belajar dengan DSLM dan CCM. Kata kunci: DSLM, CCM, simulasi komputer, perubahan konseptual, usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: DSLM; CCM; simulasi komputer; perubahan konseptual; usaha dan energi;
Subjects: Physics
Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Physics > Measurement of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Sri Rizki Nurhayati
Date Deposited: 17 Oct 2019 01:35
Last Modified: 17 Oct 2019 01:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25628

Actions (login required)

View Item View Item