Nurhayati, Sri Rizki (2019) Penerapan Dual-Situated Learning Model (DSLM) berbantuan simulasi komputer untuk perubahan konseptual peserta didik pada materi usaha dan energi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (471kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
Abstract
Perubahan konseptual merupakan proses pengubahan konsepsi peserta didik dari konsepsi yang tidak ilmiah menjadi ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran Dual-Situated Learning Model (DSLM) dan Conceptual Change Model (CCM) dengan bantuan simulasi komputer, perubahan konseptual peserta didik dengan menggunakan Dual-Situated Learning Model (DSLM) dan Conceptual Change Model (CCM), serta perbedaan perubahan konseptual antara peserta didik yang belajar dengan Dual-Situated Learning Model (DSLM) dan Conceptual Change Model (CCM) pada materi usaha dan energi. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen, dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 1 Jalancagak, dengan sampel kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3 yang masing-masing berjumlah 36 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Lembar Observasi (LO), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dan tes berbentuk four-tier test. Teknik analisis menggunakan perhitungan persentase skor LO dan LKPD, N-gain serta uji t independent sample test. Hasil penelitian menunjukan persentase keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen untuk kegiatan guru 88% dan peserta didik 86% dengan kategori sangat baik, sedangkan kelas kontrol untuk kegiatan guru 86% dengan kategori sangat baik dan kegiatan peserta didik 82% dengan kategori baik. Rata-rata N-gain mengalami peningkatan yaitu pada kelas eksperimen 0,58 dan kelas kontrol 0,49 dengan kategori sedang. Hasil uji t diperoleh" " "t" _"hitung" "=2,01" > "t" _"tabel" "=1,99" , sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan perubahan konseptual peserta didik yang belajar dengan DSLM dan CCM. Kata kunci: DSLM, CCM, simulasi komputer, perubahan konseptual, usaha dan energi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | DSLM; CCM; simulasi komputer; perubahan konseptual; usaha dan energi; |
Subjects: | Physics Physics > Data Processing and Analysis of Physics Physics > Research and Statistical Methods of Physics Physics > Measurement of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Sri Rizki Nurhayati |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 01:35 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 01:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25628 |
Actions (login required)
View Item |