Oktaviyani, Rima (2019) Pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap keterampilan berkomunikasi siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VII MTs Miftahul Falah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (154kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan komunikasi siswa dalam pembelajaran merupakan bagian penting dari perkembangan kemampuan siswa itu sendiri. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru IPA kelas VII Miftahul Falah, keterampilan komunikasi siswa masih rendah, terutama dalam komunikasi tulisan. Hal ini terbukti ketika siswa diberikan soal berupa gambar, siswa masih kebingungan untuk menjelaskan gambar. Model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dirasa dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Selain itu untuk mengetahui keterlaksanaan siswa terhadap penggunaan model IOC dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Miftahul Falah Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah quasi experiment. Instrumen penelitian yaitu soal esai keterampilan berkomunikasi dan lembar observasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata N-Gain kelas kontrol sebesar 0,49 dengan kategori sedang dan kelas eksperimen sebesar 0,63 berkategori sedang. Perhitungan menggunakan uji-t independent didapatkan hasil thitung 2,85 > ttabel 2,64 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran IOC terhadap keterampilan komunikasi pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Inside Outside Circle;, Keterampilan Komunikasi; Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rima Oktaviyani Rasja |
Date Deposited: | 21 Oct 2019 04:42 |
Last Modified: | 21 Oct 2019 04:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25646 |
Actions (login required)
View Item |