Pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap keterampilan berkomunikasi siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VII MTs Miftahul Falah

Oktaviyani, Rima (2019) Pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap keterampilan berkomunikasi siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VII MTs Miftahul Falah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan komunikasi siswa dalam pembelajaran merupakan bagian penting dari perkembangan kemampuan siswa itu sendiri. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru IPA kelas VII Miftahul Falah, keterampilan komunikasi siswa masih rendah, terutama dalam komunikasi tulisan. Hal ini terbukti ketika siswa diberikan soal berupa gambar, siswa masih kebingungan untuk menjelaskan gambar. Model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dirasa dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Selain itu untuk mengetahui keterlaksanaan siswa terhadap penggunaan model IOC dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Miftahul Falah Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah quasi experiment. Instrumen penelitian yaitu soal esai keterampilan berkomunikasi dan lembar observasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata N-Gain kelas kontrol sebesar 0,49 dengan kategori sedang dan kelas eksperimen sebesar 0,63 berkategori sedang. Perhitungan menggunakan uji-t independent didapatkan hasil thitung 2,85 > ttabel 2,64 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran IOC terhadap keterampilan komunikasi pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Inside Outside Circle;, Keterampilan Komunikasi; Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rima Oktaviyani Rasja
Date Deposited: 21 Oct 2019 04:42
Last Modified: 21 Oct 2019 04:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25646

Actions (login required)

View Item View Item